Hadiri Kerumunan Maulid Nabi Saat PSBB Transisi, Ini kata Wagub DKI

Acara ini juga dihadiri Rizieq Shihab

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menghadiri perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di wilayah Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (13/11/2020). Kegiatan tersebut menimbulkan kerumunan massa, padahal Jakarta masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi.

Ketika dikonfirmasi, Riza mengatakan bahwa ia selalu mengingatkan pentingnya protokol kesehatan di semua kegiatan.

"Kami selalu mengimbau untuk melaksanakan protokol kesehatan (dan) memakai masker, cuci tangan, jaga jarak. Kami pemerintah selalu menyampaikan dan memberi contoh," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta.

1. Riza Patria akui banyak yang masih melanggar protokol kesehatan

Hadiri Kerumunan Maulid Nabi Saat PSBB Transisi, Ini kata Wagub DKIWakil Gubernur Riza Patria dalam acara Peringatan Maulid Majelis Ta'lim Al Afaf (Tangkap Layar Youtube.com/Front TV)

Riza mengakui bahwa masih banyak orang yang tidak taat protokol kesehatan. Karena itu, menurutnya sudah menjadi tugas pemerintah untuk mengingatkan masyarakat pentingnya protokol kesehatan.

"Penting masyarakat harus hati-hati, menggunakan masker kapanpun, di manapun, termasuk saat bicara" ujar pria kelahiran Banjarmasin 50 tahun silam tersebut.

Baca Juga: Hadiri Maulid Nabi di Tebet, Rizieq Shihab Harap COVID-19 Cepat Hilang

2. Wagub DKI minta masyarakat taat protokol kesehatan

Hadiri Kerumunan Maulid Nabi Saat PSBB Transisi, Ini kata Wagub DKIWakil Gubernur Riza Patria dalam acara Peringatan Maulid Majelis Ta'lim Al Afaf (Tangkap Layar Youtube.com/Front TV)

Riza mengingatkan bahwa saat ini banyak kegiatan yang berpotensi mengundang kerumunan massa seperti Maulid. Pemerintah akan selalu mengimbau pentingnya protokol kesehatan dalam aktivitas apapun.

"Kami minta masyarakat dalam melaksanakan kegiatan apapun, kami minta gunakan masker dan laksanakan protokol kesehatan," bebernya.

3. Ada aturan yang melarang masyarakat berkerumun saat PSBB Transisi

Hadiri Kerumunan Maulid Nabi Saat PSBB Transisi, Ini kata Wagub DKIPeringatan Maulid Majelis Ta'lim Al Afaf (Tangkap Layar Youtube.com/Front TV)

Saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihadiri Riza, terjadi kerumunan massa di titik acara. Padahal ada sejumlah peraturan yang melarang orang berkerumun saat PSBB Transisi.

Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2020 Tetang PSBB Transisi pada Pasal 12 Ayat (3) disebutkan, bahwa setiap pengurus dan/atau penanggung jawab rumah ibadah yang tidak melaksanakan kewajiban protokol kesehatan dikenakan sanksi berupa teguran tertulis.

Lalu, pada Pasal 12 Ayat (4), pengenaan sanksi dilaksanakan oleh wali kota/bupati dan dapat didampingi oleh perangkat daerah terkait seperti Satpol PP.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan seharusnya protokol kesehatan diterapkan dalam semua kegiatan, termasuk dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Namun, pihaknya hanya akan memberi edukasi terkait peristiwa tersebut.

"Mudah-mudahan untuk kegiatan-kegiatan berikutnya, panitia dan semua yang hadir juga memperhatikan protokol kesehatan," tukas dia.

Baca Juga: Massa Berkerumun Hadiri Maulid Nabi, Ada Rizieq Shihab dan Wagub DKI 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya