Halte TransJakarta yang Rusak Parah Butuh Perbaikan selama 1-2 Bulan

Anies menyebutkan ada 3 halte yang berkategori rusak parah

Jakarta, IDN Times - Pelaksana Tugas Kepala Divisi Sekretaris dan Humas PT TransJakarta, Betris, mengungkapkan bahwa perbaikan Halte TransJakarta yang rusak berat usai demonstrasi menolak Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja membutuhkan waktu tak sebentar.

Betris juga menekankan, kemungkinan halte-halte tersebut bisa kembali normal pada akhir 2020.

"Untuk halte yang masuk dalam kategori rusak parah, terutama yang disebabkan hangus terbakar diperlukan waktu yang lebih lama bisa sampai 1-2 bulan ke depan," jelasnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (10/10/2020).

1. Rusak ringan dan sedang diyakini lebih cepat selesai diperbaiki

Halte TransJakarta yang Rusak Parah Butuh Perbaikan selama 1-2 BulanHalte Transjakarta Bundaran HI hancur setelah dibakar massa pada Demo Omnibus Law pada Kamis, 8 Oktober 2020 (IDN Times/Aryodamar)

Betris mengatakan, halte-halte yang rusak ringan hingga sedang mempunyai waktu perbaikan yang lebih singkat. Untuk kerusakan ringan dan dijarah, bisa diselesaikan dalam tiga hari.

"Untuk halte dengan kerusakan sedang sampai berat diperkirakan selesai dalam jangka 3 sampai 4 minggu ke depan," jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Respons Demo, Akun Twitter Halte HI, Bisnis Jack Ma Diincar 

2. Daftar Halte TransJakarta yang rusak parah

Halte TransJakarta yang Rusak Parah Butuh Perbaikan selama 1-2 BulanHalte Bundaran HI dibakar massa, Kamis (8/10/2020) (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa jumlah halte TransJakarta yang rusak bertambah menjadi 46. Bahkan, 3 halte di antaranya mengalami rusak berat.

"Seperti halte di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Tosari, sama Sawah Besar. Itu rusak berat yang harus dirombak total," jelas Anies.

3. Kerugian diperkirakan mencapai Rp65 miliar

Halte TransJakarta yang Rusak Parah Butuh Perbaikan selama 1-2 BulanHalte Bundaran HI dibakar massa, Kamis (8/10/2020) (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2014-2016 ini mengatakan, kerugian akibat perusakan dan pembakaran halte TransJakarta mencapai Rp65 miliar. Menurutnya, itu angka yang sangat besar.

"Bisa dibilang ini halte terbaik di indonesia yang rusak ini. Kalau terbaru itu ini satu di Bundaran HI dan di Tosari. Kita akan segera kembalikan supaya bisa berfungsi lagi dengan baik," jelas Anies.

Baca Juga: Anies: 46 Halte TransJakarta Rusak, 3 di Antaranya Rusak Berat

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya