Hari Raya Waisak, KPK Fasilitasi Kunjungan Keluarga Koruptor di Rutan

KPK juga fasilitasi makan bersama sesama tahanan

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memfasilitasi keluarga yang ingin mengunjungi tahanan koruptor di Rutan KPK Gedung Merah Putih, Kavling C1, dan Guntur. Kunjungan ini dilakukan secara virtual dalam rangka memperingati Hari Raya Waisak 2556 BE/2022.

"Hal ini untuk memberi kesempatan bagi tahanan yang beragama Budha bisa merayakan Hari Raya Waisak bersama keluarga dan kerabatnya," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri, dalam keterangan yang dikutip pada Senin (16/5/2022).

Baca Juga: KPK Kini Bisa Tahan Tersangka Korupsi di Rutan Polisi Militer AL

1. Kunjungan mulai pukul 09.00-12.00 WIB

Hari Raya Waisak, KPK Fasilitasi Kunjungan Keluarga Koruptor di RutanPLT Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Meski begitu, pengunjung dan tahanan belum dapat bertatap muka secara langsung. Hal ini sesuai dengan ketentuan Surat Edaran Dirjen Pemasyarakat Kemenkumham Tahun 2020, tentang Langkah Progresif Penanggulangan Penyebaran Virus COVID-19.

"Kunjungan daring itu dilaksanakan mulai pukul 09.00-12.00 WIB," jelas Ali.

2. Tahanan boleh menerima makanan dari luar

Hari Raya Waisak, KPK Fasilitasi Kunjungan Keluarga Koruptor di RutanPLT Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Meski tidak bisa bertatap muka secara langsung, tahanan diizinkan menerima barang khusus berupa makanan. Makanan itu bisa diserahkan mulai pukul 08.00-10.00 WIB.

"Makanan yang diterima harus steril, bukan barang terlarang, dan berada pada kemasan yang transparan," ujar Ali.

Baca Juga: Penjelasan KPK soal Wali Kota Rahmat Effendi Video Call dari Rutan

3. KPK juga fasilitasi makan bersama bagi sesama tahanan

Hari Raya Waisak, KPK Fasilitasi Kunjungan Keluarga Koruptor di RutanPLT Juru Bicara KPK bidang Penindakan Ali Fikri (dok. Humas KPK)

Selain itu, KPK juga memfasilitasi kegiatan makan bersama bagi sesama tahanan di tempat tahanannya masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, untuk mencegah penularan COVID-19

"Ketentuan kunjungan ini berlaku bagi seluruh Tahanan di Rutan KPK," ujar Ali.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya