Jadwal Kunjungan Rutan KPK selama Ramadan 2023

Ada 54 tahanan KPK beragama Islam

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengizinkan tersangka dugaan korupsi dijenguk selama bulan ramadan. Namun, setiap rumah tahanan (Rutan) mempunyai jadwal kunjungan yang berbeda.

Ada empat Rutan yang menahan tersangka korupsi yang ditangani KPK. Rutan tersebut antata lain Rutan Gedung Merah Putih, Rutan Kavling C1, dan Rutan Pomdam Jaya Guntur.

Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan jadwal kunjungan Rutan C1 dan Pomdam Jaya Guntur seharusnya dilaksanakan setiap Kamis. Tapi, hal itu urung terlaksana pada hari puasa pertama karena bertepatan dengan cuti bersama yang ditetapkan negara.

Sedangkan untuk Rutan KPK pada Gedung Merah Putih dapat dilakukan setiap Senin.

"Adapun waktunya untuk Sesi 1 Pukul 10.00-12.00 WIB dan Sesi 2 Pukul 12.30-14.30 WIB," jelas Ali.

Baca Juga: Daftar Harga Sembako Ramadan 2023, Sudah Stok Semua? 

1. Tersangka korupsi bisa terima kiriman makanan

Jadwal Kunjungan Rutan KPK selama Ramadan 2023Juru Bicara KPK Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Tersangka dugaan korupsi yang ditahan KPK bisa menerima kiriman makanan. Namun, makanan hanya diterima pada waktu-waktu tertentu.

"Untuk pengiriman makanan dapat dilakukan pada setiap hari Senin dan Rabu Pukul 12.30 - 14.30 WIB, Sedangkan Jumat pukul 13.00 - 15.00 WIB," ujarnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Tahanan KPK Berpuasa di Dalam Penjara?

2. KPK gelar tarawih berjamaan di Rutan

Jadwal Kunjungan Rutan KPK selama Ramadan 2023Ilustrasi tarawih (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)

KPK juga mengadakan salat tarawih berjamaah bagi 54 tahanan yang beragama Islam. Salat tarawih ini diadakan di masing-masing Rutan.

"Untuk solat tarawih dilaksanakan di tiap-tiap tempat penahanan, baik di Rutan Gedung Merah Putih, Kav C1, dan juga Pomdam Jaya Guntur," jelas Ali.

"Adapun makanan sahur dan berbuka (makanan berbuka+takjil) sesuai kontrak dgn pihak penyedia, maka hanya diberikan bagi tahanan yg beragama islam," imbuhnya.

Baca Juga: Istri Pamer Harta, Direktur Penyelidikan KPK Endar Priantoro Diperiksa

3. Ramadan dimulai 23 Maret

Jadwal Kunjungan Rutan KPK selama Ramadan 2023ilustrasi Ramadan (IDN Times/Esti Suryani)

Sebagai informasi, pemerintah menetapkan awal Ramadan 2023 atau 1 Ramadan 1444 Hijriah pada Kamis (24/3/223).

"Posisi hilal sudah di atas ufuk dan memenuhi kriteria MABIMS. Secara mufakat bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis 23 Maret 2023 ," ujar Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Bimas Islam TV, Rabu (22/3/2023).

Yaqut menjelaskan, ketinggian hilal dan elongasi itu sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan MABIMS yakni Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura untuk menentukan pergantian bulan.

Kriteria tersebut menetapkan, imnakur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal ketinggiannya 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat. Kriteria itu diperbarui dari sebelumnya tinggi hilal 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya