Jakarta Internasional Stadium Sudah 50,4 Persen, Anies: Alhamdulillah

Kapasitasnya diklaim melebihi SUGBK

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan progres pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS) sudah hampir setengah jadi. Pembangunan ini dimulai sekitar dua tahun yang lalu.

"Alhamdulillah, memasuki minggu ke-80 dan progres pembangunan JIS kini mencapai 50,4 persen," ujar Anies seperti dikutip dari media sosial pribadinya, Rabu (17/3/2021).

1. Kapasitas penonton JIS lebih besar dari SUGBK

Jakarta Internasional Stadium Sudah 50,4 Persen, Anies: AlhamdulillahPembangunan Jakarta International Stadium (Instagram.com/aniesbaswedan)

Anies mengatakan stadion yang menjadi janji kampanyenya itu nantinya memiliki tribun penonton tiga tingkat dengan tinggi stadion 85 meter, lebar 258 meter, dan panjang 279 meter.

Stadion ini diklaim mampu menampung 82 ribu penonton, melebihi kapasitas Stadion Utama Gelora Bung Karno yang hanya mampu menampung sekitar 80 ribu orang.

"Sepenuhnya sesuai dengan standar FIFA dan standar green building," jelas Anies.

Baca Juga: Wagub DKI: KPK Tak Perlu Panggil Anies dalam Kasus Rumah DP 0 Rupiah

2. Anies sebut sepak bola bukan cuma olahraga

Jakarta Internasional Stadium Sudah 50,4 Persen, Anies: AlhamdulillahPembangunan Jakarta International Stadium (Instagram.com/aniesbaswedan)

Anies mengungkapkan sepakbola bukan hanya sekadar olahraga, tapi juga alat pemersatu. Karena itu, hadirnya JIS ini tidak cuma memfasilitasi kegiatan olahraga bertujuan juga memfasilitasi bertemunya semua unsur. 

"Baik di ibu kota, yang ada di sekeliling Jabodetabek, bahkan mungkin domestik dan internasional," jelasnya.

3. Stadion JIS mengusung konsep green building

Jakarta Internasional Stadium Sudah 50,4 Persen, Anies: AlhamdulillahKonsep Green Building Jakarta Internasional Stadium, Sunter, Jakarta Utara (Dok. Humas PT JakPro)

Stadion yang berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara, ini nantinya akan menggunakan standar green building yang tak hanya digunakan untuk sepak bola. Selain itu, JIS akan menggunakan rumput hybrid berstandar internasional. Kelebihan rumput hybrid, lapangan dapat digunakan hingga 1.000 jam pertandingan bila dibandingkan rumput natural, hanya bisa kuat selama 300 jam.

Baca Juga: Anies Ubah Syarat Beli Rumah DP 0 Rupiah, PSI: Kalangan Bawah Tergusur

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya