Comscore Tracker

Joe Biden Sebut Jakarta Bakal Tenggelam, Ini Bantahan Wagub DKI 

"Insya Allah Jakarta tidak tenggelam 10 tahun lagi."

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membantah pernyataan Presiden Amerika Serikan Joe Biden yang menyebut Jakarta bakal tenggelam dalam 10 tahun. Meski demikian ia mengakui permukaan tanah di ibu kota selalu turun setiap tahun.

"Memang di Jakarta datarannya rendah, jadi di Jakarta ada penurunan muka tanah setiap tahun. Namun, tidak berarti 10 tahun Jakarta tenggelam," kata Riza dalam konferensi pers virtual pada Sabtu (31/7/2021).

1. Pemerintah klaim telah melakukan sejumlah upaya agar Jakarta tak tenggelam

Joe Biden Sebut Jakarta Bakal Tenggelam, Ini Bantahan Wagub DKI Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (IDN Times/Aryodamar)

Untuk mencegah Jakarta tenggelam, menurut Riza, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan sejumlah siasat berupa kebijakan, seperti pipanisasi oleh PAM Jaya agar kebutuhan air masyarakat Jakarta bisa terpenuhi air PAM.

"Kami bersama (Kementerian) PUPR terus membuat program percepatan pipanisasi, air bersih, air minum di Jakarta terus ditingkatkan.

Baca Juga: Biden Ilustrasikan Jakarta Tenggelam sebagai Ancaman Perubahan Iklim

2. Riza Patria harap Jakarta tak akan tenggelam

Joe Biden Sebut Jakarta Bakal Tenggelam, Ini Bantahan Wagub DKI Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Selain itu, Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta ini mengatakan bahwa pemerintah juga masih berupaya mencegah banjir rob terjadi di Jakarta Utara. Ia berharap semua kebijakan yang telah dilakukan pemerintah dapat mencegah ibu kota tenggelam.

"Jadi Insya Allah Jakarta tidak tenggelam 10 tahun lagi," katanya.

3. Joe Biden sebut Jakarta bakal tenggelam dalam 10 tahun sebagai ilustrasi ancaman perubahan iklim

Joe Biden Sebut Jakarta Bakal Tenggelam, Ini Bantahan Wagub DKI Presiden Amerika Serikat dari Demokrat Joe Biden melambaikan tangan kepada wartawan sebelum masuk ke pesawat kampanye menjelang perjalanan menuju North Carolina, di Bandara Newscastle di Newcastle, Delaware, Amerika Serikat, Minggu (18/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner)

Diberitakan sebelumnya, Joe Biden memproyeksikan Jakarta bakal tenggelam dalam 10 tahun ke depan sebagai ilustrasi ancaman perubahan iklim. Pernyataan itu disampaikan Biden ketika berpidato di Pusat Kontra Terorisme Nasional AS pada Selasa (27/7/2021).

Dilansir dari situs resmi Gedung Putih, Biden mengatakan bahwa ancaman terbesar yang dihadapi oleh Departemen Pertahanan AS adalah perubahan iklim.

“Apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar, bahwa dalam 10 tahun ke depan mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air,” kata Biden.

Baca Juga: Jakarta Diprediksi Akan Tenggelam 2050, Pakar UGM: Ini Peringatan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya