Kabar Baik! Kasus COVID-19 di 14 Provinsi Sudah Menurun, Ini Daftarnya

Ada DKI dan Jawa Barat dalam daftar daerah penurunan kasus

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyampaikan setidaknya sudah ada 14 provinsi di Indonesia yang mengalami tren penurunan kasus COVID-19. Data tren penurunan kasus ini didapat berdasarkan pantauan Kementerian Kesehatan selama sepekan terakhir.

"14 provinsi sudah mulai mengkonfirmasi penurunan kasus harian dan perawatan pasien selama satu minggu terakhir di Februari," ujar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19, Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/3/2022).

1. Daftar 14 provinsi yang tercatat alami penurunan kasus COVID-19

Kabar Baik! Kasus COVID-19 di 14 Provinsi Sudah Menurun, Ini DaftarnyaJuru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi (dok.kemkes.go.id)

Berikut adalah daftar 14 provinsi yang disebut telah menunjukkan tren penurunan kasus COVID-19:

DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur,  Bali, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sumatra Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, dan Papua Barat.

Baca Juga: Kemenkes Siapkan Jalan Menuju Endemik COVID-19, Terlalu Buru-buru?

2. Ada tujuh provinsi yang belum alami penurunan kasus

Kabar Baik! Kasus COVID-19 di 14 Provinsi Sudah Menurun, Ini DaftarnyaSiti Nadia Tarmizi (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Nadia juga memaparkan ada tujuh provinsi yang belum mencatatkan penurunan. Provinsi tersebut antara lain Jawa Tengah, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, Sumatra Barat, Gorontolo, Bengkulu, dan Lampung.

"Kasus melandai ini kita harapkan terus terjadi penurunan," ujar Siti.

3. Lebih dari 5,5 juta orang di Indonesia telah terpapar COVID-19

Kabar Baik! Kasus COVID-19 di 14 Provinsi Sudah Menurun, Ini DaftarnyaPetugas kesehatan melakukan tes usap PCR kepada warga di RT 05 Desa Sukaurip, Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (25/1/2022). (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Diketahui, hingga hari ini terdapat 5.564.448 orang telah dinyatakan positif COVID-19.  Dari jumlah tersebut, pasien yang telah dinyatakan sembuh ada 4.861.415 orang dan yang meninggal 158.335 orang.

Baca Juga: [UPDATE] Kasus COVID-19 Dunia 436 Juta, 74.947 dalam Kondisi Kritis

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya