Kasus COVID-19 DKI Pecah Rekor, Klaster Tahlilan Penyumbang Terbanyak

Sebanyak 29 orang dibawa ke RSD Wisma Atlet

Jakarta, IDN Times - Penambahan kasus virus corona atau COVID-19 di Jakarta kembali memecah rekor dengan jumlah 441 orang. Kasus baru terbanyak berasal dari Kelurahan Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Lurah Wijaya Kusuma Novi Indria Sari membenarkan hal tersebut saat dihubungi. Novi mengatakan, di wilayahnya muncul klaster baru karena ada tahlilan di rumah warga.

Baca Juga: Survei: Rakyat Masih Puas pada Jokowi soal Penanganan Virus Corona

1. Berawal dari seorang warga yang pingsan saat tahlilan

Kasus COVID-19 DKI Pecah Rekor, Klaster Tahlilan Penyumbang TerbanyakPersonel Satgas Mobile COVID-19 memeriksa kondisi pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di ruang isolasi Rumah Sakit Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (11/3). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Novi menjelaskan, beberapa waktu lalu ada keluarga yang menggelar tahlilan untuk salah satu anggota keluarganya yang meninggal dunia. Tahlilan itu dihadiri banyak orang. Namun saat acara, tiba-tiba ada satu orang yang pingsan. Ternyata warga yang pingsan itu mengalami gejala sesak napas.

"Maka tim medis melakukan swab untuk pengecekan. Ternyata diketahuilah hasilnya positif COVID-19," kata Novi.

2. Hasil swab tes menyebut ada 29 orang positif COVID-19

Kasus COVID-19 DKI Pecah Rekor, Klaster Tahlilan Penyumbang TerbanyakIlustrasi Suasana Pandemik COVID-19 di Paris (ANTARA FOTO/REUTERS/Stephane Mahe)

Setelah kejadian itu, Dinas Kesehatan melakukan penelusuran dari para peserta tahlilan. Ada 94 warga yang ikut tes swab.

"Hasilnya 29 yang positif," jelas Novi.

3. Sebanyak 29 warga dibawa ke RS Darurat Wisma Atlet

Kasus COVID-19 DKI Pecah Rekor, Klaster Tahlilan Penyumbang TerbanyakRS Darurat Wisma Atlet (Dok. Gugus Tugas COVID-19)

Sebanyak 29 warga yang dinyatakan positif itu langsung dibawa ke RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Di sana mereka akan mendapat perawatan dari tim medis.

Setelah itu, 29 warga tersebut langsung dibawa ke RS Darurat Wisma Atlet untuk mendapatkan perawatan. Namun masih ada lagi beberapa warga yang menunggu hasil tes swab keluar.

"(Swab test) masih proses nih, lagi berlangsung," ujar Novi.

Baca Juga: KPK Tes Swab Seluruh Pegawai Usai 7 Orang Dinyatakan Positif 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya