Ketua KPK Firli Bahuri Bantah Memeras Syahrul Yasin Limpo

Firli juga mengaku hanya kenal Syahrul Yasin Limpo

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) FIrli Bahuri membantah tudingan dirinya memeras Menteri Pertanian nonaktif Syahrul Yasin Limpo. Ia menegaskan tidak pernah berkomunikasi dengan pihak berperkara.

"Apa yang terjadi hari ini tidak pernah terjadi pada pimpinan KPK. KPK tetap bekerja sebagaimana ketentuan hukum. KPK juga tidak pernah berkomunikasi kepada para pihak, apalagi yang tidak dikenal," tegasnya, Kamis (5/10/2023).

Firli mengatakan bahwa di Kementerian Pertanian hanya mengenal sosok Syahrul Yasin Limpo. Ia mengaku tak mengenal pejabat dengan level di bawah menteri.

"Saya tidak ada yang kenal," ujarnya.

"Jadi saya pastikan bahwa kami tidak pernah melakukan hubungan dengan para pihak apalagi meminta sesuatu atau disebut dengan pemerasan. Saya clearkan itu tidak pernah dilakukan sesuai yang dituduhkan," imbuhnya.

Sebelumnya, beredar surat panggilan oleh Polda Metro Jaya terhadap Panji Harianto dan Heri. Kedua surat itu tedaftar dengan nomor B/10338/VIII/Res.3.3./2023/Ditreskrimsus dan B/10339/VIII/Res.3.3./2023/Ditreskrimsus tertanggal 25 Agustus 2023

Berdasarkan dua surat tersebut, keduanya telah diundang untuk hadir di ruang pemeriksaan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, pada Senin (28/8/2023) lalu sekitar pukul 09.30 WIB.

Syahrul Yasin Limpo pun sempat mendatangi Polda Metro Jaya hari ini. Ia diperiksa selama tiga jam terkait dugaan pemerasan itu.

"Semua yang saya tahu sudah saya sampaikan ke penyidik. Secara terbuka saya sampaikan apa yang dibutuhkan penyidik," ujar Yasin Limpo.

Baca Juga: Jaga Tak Ada Politisasi Kasus, Paloh:  Tapi NasDem Bukan Penegak Hukum

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya