Kisah Angelina Sondakh di Penjara: Tahan Bau, Sampai Jadi Tukang Sapu!

Angelina bentuk Klub Sapu Jagat untuk nyapu blok Lapas

Jakarta, IDN Times - Mantan Wakil Sekjen Partai Demokrat Angelina Sondakh berbagi pengalamannya ketika mendekam di penjara selama 10 tahun. Angie, sapaan akrabnya, berkisah bahwa pengalaman di balik jeruji besi tidak nyaman.

Saat awal masuk penjara, Angie mendapat lahan untuk tidur di lantai dengan alas seadanya. Hal itu sempat membuatnya grogi hingga sakit perut.

“Saya sampai grogi, sakit perut, mau buka celana langsung lari masih antre tiga orang. Cuma ada satu kamar mandi. Sekarang sih di Lapas sudah agak bagus. Dulu, (mau perut sakit mau mencret) kalau nyelak (antrian) ya dihajar,” kata Angie dalam tayangan video live streaming GoPlay yang dikutip pada Jumat (29/4/2022).

Angie akhirnya menyewa kasur setebal lima centimeter agar bisa tidur. Namun, kondisi kamar yang diisi puluhan orang membuatnya tak nyaman karena panas dan bau.

“Akhirnya malah lebih suka tidur di lantai keramik tanpa kasur, bisa agak adem. Karena kalau sudah masuk keong (tahanan) itu cuma ada kipas angin, panas sekali, ada 35 orang, bau dan panasnya sudah kayak apa. Belum lagi kalau mati lampu,” ujar Angie.

1. Angelina hobi nyapu seluruh blok Lapas

Kisah Angelina Sondakh di Penjara: Tahan Bau, Sampai Jadi Tukang Sapu!Angelina Sondakh (ANTARA/Puspa Perwitasari)

Angelina mengatakan bahwa selama berada di Lapas Pondok Bambu ia tergabung dalam Klub Sapu Jagat yang fokus dalam kegiatan bersih-bersih di seluruh blok lapas. Ia mengaku paling suka mengepel hingga membuat dengkulnya menghitam.

“Mantan Putri Indonesia, tapi dengkulnya hitam," ujarnya.

Angie bersyukur bisa membentuk Klub Sapu Jagat selama di Lapas Pondok Bambu. Ini adalah klub bagi orang-orang yang mau kerja yang mau mengubah dirinya.

“Klub Sapu Jagat itu klub cleaning service untuk orang-orang yang mau mengubah dirinya,” kata perempuan berusia 44 tahun itu.

Baca Juga: Bebas dari Penjara, Angelina Sondakh Tak Ingin Terjun ke Politik Lagi

2. Angelina Sondakh mengaku gak bisa lihat matahari di Rutan KPK

Kisah Angelina Sondakh di Penjara: Tahan Bau, Sampai Jadi Tukang Sapu!Angelina Sondakh (ANTARA/Puspa Perwitasari)

Sebelum mendekam di penjara, Angie sempat tiga bulan berada di Rumah Tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi. Meski tak bisa lihat matahari, menurutnya kondisi itu lebih baik ketimbang berada di lembaga permasyarakatan.

“Selama 3 bulan gak lihat matahari, karena di basement. Masih BAP. Gak boleh lihat matahari dan gak boleh olahraga,” kata Angie.

3. Angelina bebas setelah 10 tahun dipenjara

Kisah Angelina Sondakh di Penjara: Tahan Bau, Sampai Jadi Tukang Sapu!Mantan anggota DPR Angelina Sondakh duduk di dalam mobil usai keluar dari Lapas Perempuan Kelas IIA Pondok Bambu, Jakarta Timur, Kamis (3/3/2022) (ANTARA FOTO/Iwan Fahad)

Diketahui, Angelina Sondakh keluar dari Lapas Pondok Bambu pada Kamis (3/3/2022). Ia untuk pertama kalinya menghirup udara bebas setelah sekitar 10 tahun dipenjara.

Ia dipenjara akibat terbukti terlibat korupsi proyek Wisma Atlet Hambalang. Awalnya Angelina divonis 4,5 tahun penjara dan denda Rp250 juta subsider 6 bulan kurungan pada 10 Januari 2013. Namun, hukuman Angelina diperberat Mahkamah Agung menjadi 12 tahun penjara.

Angelina pun mengajukan peninjauan kembali. Akhirnya, ia mendapat pengurangan hukuman menjadi 10 tahun penjara serta denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan.

Baca Juga: Bebas Penjara, Angelina Sondakh Minta Maaf dan Menyesal Pernah Korupsi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya