KPK: AHY Punya Waktu 3 Bulan untuk Lapor Kekayaannya

KPK akan surati AHY

Jakarta, IDN Times - Agus Harimurti Yudhoyono telah dilantik Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi Menteri ATR/BPN yang baru. Sebagai pejabat negara, AHY wajib melaporkan kekayaannya kepada KPK.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan, Ketua Umum Partai Demokrat itu punya tenggat waktu tiga bulan untuk melaporkan kekayaanya. Jal ini tertuang dalam Peraturan KPK nomor 02 Tahun 2020.

"Bagi pejabat yang baru dilantik, maka batas waktu pelaporan khusus awal menjabat adalah tiga bulan sejak yang bersangkutan dilantik. Jadi untuk mas AHY punya waktu sampai tiga bulan ke depan," ujar Pahala saat dihubungi IDN Times, Kamis (22/2/2024).

1. KPK akan surati AHY

KPK: AHY Punya Waktu 3 Bulan untuk Lapor KekayaannyaDeputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan (IDN Times/Aryodamar)

Pahala mengatakan, KPK juga akan menyurati putra Presiden keenam RI Soesilo Bambang Yudhoyono itu. Surat akan dikirimkan dalam waktu dekat.

"Rencananya dalam 1-2 minggu ini kami akan menyurati beliau untuk melaporkan harta kekayaannya," ujarnya.

Baca Juga: Gaji dan Tunjangan Menteri ATR AHY, Pengganti Hadi Tjahjanto

2. AHY jadi Menteri ATR/BPN gantikan Hadi Tjahjanto

KPK: AHY Punya Waktu 3 Bulan untuk Lapor KekayaannyaHadi Tjahjanto dan AHY usai pelantikan pada Rabu (21/2/2024). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Seperti diketahui, AHY resmi dilantik menjadi Menteri ATR/BPN  oleh Presiden Jokowi pada Rabu, 21 Februari 2024. Ia menggantik posisi yang ditinggalkan Hadi Tjahjanto.

Hadi di saat yang bersamaan juga dilantik Jokowi sebagai Menteri koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan. Posisi itu kosong usai Mahfud MD mundur.

Baca Juga: AHY Dapat Jatah Menteri, Demokrat Tegaskan Berada di Barisan Jokowi

3. AHY sebut ini adalah momentum besar bagi Demokrat

KPK: AHY Punya Waktu 3 Bulan untuk Lapor KekayaannyaPresiden Jokowi bersama Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyoo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

AHY mengaku senang dilantik sebagai menteri. Menurutnya hal ini merupakan momentum besar untuk Demokrat usai sembilan tahun menjadi oposisi.

AHY menyampaikan, ayahnya yang juga Presiden ke-6 RI Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), bersyukur atas pelantikan ini.

"Beliau tentunya juga bersyukur, karena ini menjadi sebuah momentum Partai Demokrat kembali ke pemerintahan. Banyak yang mgkin belum menyadari Demokrat selama sembilan tahun empat bulan berada di luar pemerintahan. Dan ini sebuah momentum bersejarah, karena alhamdulillah apa yang kami perjuangan selama ini bisa lebih direalisasikan jika Demokrat bergabung di pemerintahan secara langsung," ujar AHY.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya