KPK: Harun Masiku Pernah Terdeteksi di Gereja dan Masjid

KPK masih punya utang cari tiga buronan

Jakarta, IDN Times - Perburuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap eks Caleg PDI Perjuangan Harun Masiku masih belum menemukan titik terang. Namun, lembaga antirasuah ini sempat mengendus Harun terdeteksi di sebuah masjid dan gereja.

"Memang ada informasi saudara HM itu di sana, ada di masjid, kami sudah cek di sana, ada juga yang bilang dia itu ada di gereja, kita sudah cek di sana, ada juga yang tinggal di apartemen, kami sudah cek ke sana," kata Pelaksana Tugas Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu, Kamis (6/7/2023).

1. KPK harap bantuan semua pihak cari Harun Masiku

KPK: Harun Masiku Pernah Terdeteksi di Gereja dan MasjidDirektur Penyidikan KPK, Asep Guntur (IDN Times/Aryodamar)

KPK berharap bantuan publik mencari Harun Masiku. Segala informasi yang didapatkan KPK pasti akan ditindaklanjuti karena dia masih belum ketemu.

"Orangnya tidak ada, belum ketemu," ujar Asep.

Baca Juga: KPK Endus Keberadaan Harun Masiku di Luar Negeri, Begini Respons PDIP

2. Harun Masiku tersangka penyuap eks Komisioner KPU

KPK: Harun Masiku Pernah Terdeteksi di Gereja dan MasjidKomisioner KPU Wahyu Setiawan (tengah) mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Seperti diketahui, Harun Masiku diburu KPK setelah diduga menyuap eks Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Suap itu diduga dilakukan agar Harun bisa dipilih masuk ke DPR melalui jalur pergantian antar waktu (PAW).
 
Wahyu telah divonis enam tahun penjara serta denda Rp150 juta subsider enam bulan kurungan. Sebab, ia terbukti menerima suap 57.350 dolar Singapura.

3. KPK masih punya utang cari tiga buronan

KPK: Harun Masiku Pernah Terdeteksi di Gereja dan MasjidIlustrasi buronan (IDN Times/Arief Rahmat)

KPK masih memiliki utang mencari tiga buronan lagi. Selain Harun Masiku, mereka adalah Paulus Tannos dan Kirana Kotama

Paulus Tannos merupakan Tersangka korupsi KTP elektronik. Sedangkan Kirana Kotama diduga terlibat kasus suap pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau pada 2014

Baca Juga: Ini Daftar 5 Buronan KPK, dari Harun Masiku hingga Ricky Pagawak

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya