KPK Lelang 6 Barang Mewah Koruptor Yaya Purnomo, Laku Rp1,6 Miliar!

Ada logam mulia seharga lebih dari Rp1,3 miliar 

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melelang enam barang mewah milik koruptor Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Insentif Daerah (DID), Yaya Purnomo. Barang mewah milik eks pejabat Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan ini terdiri dari logam mulia hingga tas mewah.

"KPK melalui KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) Jakarta III telah selesai melaksanakan lelang barang rampasan terpidana Yaya Purnomo, dengan berhasil menjual enam objek lelang dengan nilai Rp1.685.686.931 (Rp1,6 miliar)," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri, Selasa (15/3/2022).

Baca Juga: Rahmat Effendi Diduga Tunjuk Pemenang Sebelum Lelang Proyek Dimulai

1. Daftar barang mewah Yaya Purnomo yang laku dilelang

KPK Lelang 6 Barang Mewah Koruptor Yaya Purnomo, Laku Rp1,6 Miliar!PLT Juru Bicara KPK bidang Penindakan Ali Fikri (dok. Humas KPK)

Terdapat enam barang mewah yang telah laku dalam lelang. Berikut daftarnya:

  1. Dompet hitam bercorak kupu-kupu berisi 24 logam mulia masing-masing seberat 25 gram. Laku senilai total Rp512.345.678.
  2. Kotak berwarna hitam dan kuning bertuliskan "Logam Mulia Purity is reliable" yang berisi empat logam mulia masing-masing seberat 100 gram, dua logam mulia masing-masing seberat 50 gram yang di dalamnya juga terdapat nota pembelian dari Toko Mas Bandung plus satu koper merek President dan satu tas merek Ri Ri Sheng. Laku Rp432.101.234.
  3. Kotak berwarna hitam dan kuning bertuliskan "Logam Mulia Purity is reliable" berisi 10 buah logam mulia masing-masing seberat 50 gram, yang di dalamnya juga terdapat nota pembelian dari Toko Mas Bandung plus satu tas berwarna merah muda merek Furla. Laku senilai Rp430.900.001.
  4. Dompet berwarna oranye berisikan 3 buah logam mulia dengan berat masing-masing 100 gram, beserta 2 lembar faktur pembelian dan satu tas berwarna hitam putih merek Guess. Laku senilai Rp26.435.009.
  5. Tas berwarna putih tulang merek Gucci. Laku senilai Rp18.915.009.

2. Masih ada satu paket barang mewah Yaya Purnomo yang bakal dilelang lagi

KPK Lelang 6 Barang Mewah Koruptor Yaya Purnomo, Laku Rp1,6 Miliar!PLT Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Sebetulnya, KPK melelang tujuh barang mewah milik Yaya, namun satu barang lainnya belum laku dan akan dilelang ulang. Barang mewah itu adalah sebuah tas warna-warni dan warna hitam di dalam kantong putih bertuliskan AIGNER.

"KPK mengapresiasi masyarakat yang antusias mengikuti setiap agenda lelang yang dilaksanakan oleh KPK, melalui kantor lelang negara/KPKNL Kemenkeu," ujar Ali.

Baca Juga: KPK Lelang Rumah Bekas Wali Kota Madiun di Kabupaten Kediri

3. Uang hasil lelang bakal disetor ke kas negara

KPK Lelang 6 Barang Mewah Koruptor Yaya Purnomo, Laku Rp1,6 Miliar!Ilustrasi Keuangan (IDN Times/Arief Rahmat)

Ali menjelaskan, uang yang didapat dari hasil lelang tersebut akan disetor ke kas negara. Ini merupakan salah satu cara KPK mengganti kerugian negara akibat korupsi.

"Dengan telah lakunya objek barang lelang tersebut, dapat memberikan pemasukan bagi kas negara sebagai salah satu bagian dari aset recovery dari perkara tindak pidana korupsi yang ditangani KPK," jelasnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya