Comscore Tracker

KPK Masih Pikir-Pikir Buka Hasil Penyelidikan Formula E ke Publik

KPK membantah tudingan memaksakan Anies jadi tersangka

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih pikir-pikir untuk membuka proses penyelidikan laporan dugaan korupsi Formula E dibukan kepada publik. Hal ini dinilai untuk meredam rasa curiga publik pada KPK.

"Kami sedang mempertimbangkan juga bagaimana kalau proses lidik itu kita buka, supaya masyarakat teman-teman wartawan mengetahui apa sih yang sudah diperoleh KPK. Dari keterangan para saksi yang sudah dipanggil, apa yang mereka terangkan. Supaya apa? supaya masyarakat tidak lagi curiga, seolah-olah kami mengkriminalisasi seseorang," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2022).

1. KPK belum pernah sebutkan siapa tersangka Formula E

KPK Masih Pikir-Pikir Buka Hasil Penyelidikan Formula E ke PublikWakil Ketua KPK, Alexander Marwata (IDN Times/Aryodamar)

Alex membantah KPK menargetkan pihak tertentu dalam penyelidikan dugaan korupsi. Bahkan, KPK  belum menyebutkan sosok yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Karena masih penyelidikan," ujarnya.

Baca Juga: KPK Jamin Lukas Enembe Tidak Akan Terlantar Meski Ditahan KPK

2. KPK membantah tudingan memaksakan Anies jadi tersangka

KPK Masih Pikir-Pikir Buka Hasil Penyelidikan Formula E ke PublikGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai diperiksa KPK (IDN Times/Aryodamar)

KPK melalui Juru Bicara Ali Fikri sebelumnya juga telah membantah tudingan yang menyebut ada upaya memaksakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai tersangka. Sebab, hal itu dinilai mustahil dalam gelar perkara sebuah kasus.

"Pembahasan dilakukan secara konstruktif dan terbuka dalam forum tersebut. Semua peserta gelar perkara punya kesempatan sama untuk menyampaikan analisis maupun pandangannya, sehingga dengan sistem dan proses yang terbuka tersebut, penanganan perkara di KPK dipastikan tidak bisa diatur atau atas keinginan pihak-pihak tertentu saja," ujarnya.

3. Sejumlah pihak sudah dipanggil KPK karena Formula E

KPK Masih Pikir-Pikir Buka Hasil Penyelidikan Formula E ke PublikGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung KPK pada Rabu (7/9/2022). (IDN Times/Aryodamar)

Diketahui, KPK mulai mengusut kasus ini setelah adanya laporan dari masyarakat mengenai dugaan tindak pidana korupsi. Saat ini KPK masih mengumpulkan informasi awal dengan memanggil sejumlah pihak.

Beberapa pihak yang sudah dipanggil antara lain perwakilan PT Jakpro dan Pemprov DKI, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasaetyo Edi Marsudi, pimpinan Komisi E DPRD DKI, hingga mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal.

Anies Baswedan juga telah diperiksa KPK. Saat itu, Anies diperiksa sekitar 11 jam di Gedung Merah Putih KPK.

Baca Juga: Jawaban Surya Paloh soal Anies Diisukan Jadi "Target" KPK di Formula E

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya