KPK Sebut Ada 25 Hakim yang Pernah Terseret Korupsi

KPK ingatkan para hakim agar berintegritas

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat, setidaknya sudah ada 25 hakim dan tiga polisi yang terseret korupsi sepanjang lembaga antirasuah itu berdiri. Tak hanya itu, KPK juga mencatat ada 11 jaksa yang ikut terseret korupsi.

"Dalam catatan kami, per Oktober 2022, hakim sebagai bagian dari Aparat Penegak Hukum (APH) paling banyak terjerat korupsi mencapai 25 orang. Sedangkan jaksa ada 11 orang, polisi 3 orang,” ujar Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam keterangan tertulis, Jumat (4/11/2022).

Baca Juga: Dugaan Suap Perkara di MA, Hakim Agung Gazalba Saleh Diperiksa KPK

1. KPK ingatkan para hakim agar berintegritas

KPK Sebut Ada 25 Hakim yang Pernah Terseret KorupsiWakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango (IDN Times/Aryodamar)

KPK pun mengingatkan para hakim untuk menjaga integritas dalam menjalankan tugas. Sebab, sebagus apapun sistem pencegahannya, akan percuma kalau integritasnya kurang.

"Mau sebagus apapun sistemnya, kalau integritasnya kurang, maka tidak bisa kita harapkan. Akan berusaha cari ruang untuk korupsi. Maka dari itu, KPK ingatkan bapak/ibu untuk selalu menjaga integritas,” ujar Nawawi.

2. KPK kecewa ada hakim agung yang baru-baru ini tertangkap

KPK Sebut Ada 25 Hakim yang Pernah Terseret KorupsiWakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango (IDN Times/Aryodamar)

Nawawi pun mencontohkan adanya hakim agung yang terjaring tangkap tangan KPK. Menurutnya, hal itu sangat mengecewakan.

“Kita mungkin ingat korupsi yang menjerat hakim agung, ada kekecewaan yang mendalam, apa yang sudah dibangun sedemikian rupa, seperti terhempas begitu saja. Karenanya, untuk cegah jangan sampai terjadi, menjaga integritas itu selain harus terus ditanamkan dalam diri, tapi dari lingkungan sekelilingnya,” ujar Nawawi.

3. Sudrajat Dimyati jadi hakim terakhir yang ditangkap KPK

KPK Sebut Ada 25 Hakim yang Pernah Terseret KorupsiHakim Agung Mahkamah Agung (MA) Sudrajad Dimyati tiba di Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta, Jumat (23/9/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Hakim Agung Sudrajat Dimyati merupakan sosok terakir yang terjaring dalam operasi tangkap tangan KPK pada 2022. Selain Sudrajat, KPK setidaknya sudah delapan kali menangkap pejabat.

Sebelumnya, KPK menangkap Wali Kota Bogor Rahmat Effendi;  Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud; Bupati Langkat Terbit Rencana PA; dan Hakim PN Surabaya Otong Isnaeni Hidayat.

Kemudian ada Bupati Bogor Ade Yasin;  eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti; Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, serta Rektor Universitas Lampung Karomani.

Baca Juga: Suap Hakim Agung MA, KPK Sita 205 Ribu Dolar Singapura dan Rp50 Juta 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya