KPK Tolak Saran ICW Tidak Libatkan Firli Bahuri di Kasus Syahrul Limpo

Dugaan pemerasan sedang diusut KPK

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menolak saran Indonesia Corruption Watch (ICW) untuk tak melibatkan Ketua KPK Firli Bahuri dalam penyidikan kasus dugaan korupsi eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Sebab, hal itu merupakan hak dan kewajiban Firli sebagai pimpinan KPK.

"Sepanjang ketua dalam hal ini Pak Firli masih sebagai pimpinan, tentunya masih mempunyai hak dan kewajiban untuk menjalankan tugasnya selaku pimpinan KPK," ujar Wakil Ketua KPK Johanis Tanak, dikutip dari YouTube KPK, Kamis (12/10/2023).

Baca Juga: ICW Minta Ketua KPK Firli Bahuri Tidak Dilibatkan dalam Kasus Kementan

1. KPK yakin keterlibatan Firli tak pengaruhi kasus Syahrul Yasin Limpo

KPK Tolak Saran ICW Tidak Libatkan Firli Bahuri di Kasus Syahrul LimpoWakil Ketua KPK Johanis Tanak (IDN Times/Aryodamar)

Tanak mengatakan, pihaknya tidak khawatir ada konflik kepentingan karena dugaan pemerasan pimpinan KPK pada Syahrul Yasin Limpo dengan diusut Polda Metro Jaya. Sebab, keterlibatan Firli dinilai tak mempengaruhi kasus yang tengah diusut KPK saat ini.

"Buktinya sejak pengaduan ada, kemudian penyelidikan dan penyidikan tetap saja berjalan lancar, tidak ada hambatan bagi kami yang kemudian menetapkan tersangka," ujarnya.

2. ICW desak KPK tak libatkan Firli

KPK Tolak Saran ICW Tidak Libatkan Firli Bahuri di Kasus Syahrul LimpoPeneliti ICW Kurnia Ramadhana di Kantor Darurat Pemberantasan Korupsi (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, ICW mendesak agar Firli Bahuri tak dilibatkan dalam pengusutan kasus dugaan korupsi Syahrul Yasin Limpo. Sebab, Firli diduga pernah bertemu dan memeras politikus NasDem itu.

"Sebab sebelumnya diketahui Firli pernah bertemu dengan Syahrul, di mana pertemuan itu diduga keras bukan dalam kaitan kedinasan KPK. Terlebih Firli merupakan pihak yang diduga menjadi pelaku pemerasan terhadap Syahrul, sebagaimana saat ini sedang ramai dibincangkan masyarakat," ujar peneliti ICW Kurnia Ramadhana.

3. Polda Metro Jaya sedang usut dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK ke Syahrul Limpo

KPK Tolak Saran ICW Tidak Libatkan Firli Bahuri di Kasus Syahrul LimpoKetua KPK Firli Bahuri bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulutangkis (Dok.IDN Times/istimewa)

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya saat ini tengah mengusut dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo. Sejumlah pihak sudah diperiksa polisi, termasuk Syahrul.

Kasus ini telah naik ke tahap penyidikan. Namun, belum ada sosok yang ditetapkan sebagai tersangka.

Firli mengakui sempat bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo. Namun, menurutnya pertemuan berlangsung saat politikus NasDem itu belum berperkara di KPK.

Baca Juga: KPK Ungkap Ada Persekongkolan di Kasus Syahrul Yasin Limpo

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya