Kualitas Udara Jakarta Tadi Malam Setingkat dengan Surabaya

Cenderung membaik, bahkan lebih baik daripada Bogor Bekasi

Jakarta, IDN Times - Pada malam ketiga uji coba perluasan ganjil-genap di sejumlah ruas jalan, kualitas udara Jakarta menurut AirVisual cenderung membaik. Bahkan, ketika artikel ini dibuat pada Rabu (14/8) pukul 19.00 WIB, kualitas udara Jakarta setingkat dengan Ibu Kota Jawa Timur, Surabaya.

Menurut pemantau kualitas udara AirVisual, kualitas udara Jakarta pada pukul 19:00 masih pada level sedang. AirVisual mencatat bahwa Jakarta memiliki indeks kualitas udara atau Air Quality Index (AQI) sebesar 68 seperti Surabaya.

Baca Juga: Penyebab Memburuknya Kualitas Udara Jakarta 2 Bulan Terakhir

1. Angka PM 2,5 Jakarta pun masih di bawah batas, jauh lebih baik dibandingkan Bodetabek

Kualitas Udara Jakarta Tadi Malam Setingkat dengan SurabayaIDN Times/Suci Umi

Namun, konsentrasi particulate matter (PM) 2.5 atau partikel debu berukuran 2,5 mikron di Jakarta sebanyak 20,4 mikrogram per meter kubik sedangkan Surabaya 20,3. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), nilai PM tak boleh lebih dari 25 mikrogram per meter kubik.

Angka tersebut lebih baik jika dibandingkan Bekasi (90 AQI), Depok (78), Tangerang Selatan (154), dan Bogor (95).

2. Kualitas udara Jakarta lebih baik dari sejumlah kota besar dunia

Kualitas Udara Jakarta Tadi Malam Setingkat dengan Surabayaunsplash.com/Brandon Jacoby

AirVisual memaparkan data bahwa saat ini kualitas udara Jakarta berada di peringkat ke-21 dunia jika dibandingkan dengan kota-kota besar lain di dunia. Posisi Jakarta berada di atas sejumlah kota besar seperti Riyadh (Arab Saudi), Dubai (Uni Arab Emirat), Delhi (India), Guangzhou (Tiongkok), dan New York (Amerika Serikat).

3. Daftar 10 kota di Indonesia dengan kualitas udara terburuk pada Rabu malam

Kualitas Udara Jakarta Tadi Malam Setingkat dengan SurabayaISTIMEWA

Di Indonesia, Jakarta tak termasuk dalam 10 kota dengan kualitas udara terburuk pada Rabu malam. Balaipungut dan Bandar menjadi daerah dengan kualitas udara paling buruk di Indonesia dengan (195 AQI), kemudian Dumai (193), Rantauprapat (191), Palangkaraya (189), Pekanbaru (173), Kualakapuas (164), Pontianak (163), Tangerang Selatan (154), dan Kisaran (54).

Baca Juga: Kualitas Udara Jakarta Sore Ini Lebih Baik dari Bekasi dan Depok

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You