KY: Hakim Bekerja Sesuai Kode Etik Saat Pimpin Sidang Rizieq Shihab

KY harap sidang Rizieq Shihab berjalan tertib, sesuai aturan

Jakarta, IDN Times - Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial Sukma Violetta menilai majelis hakim yang memimpin sidang Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur masih bekerja sesuai kode etik. Hal tersebut diungkapkan setelah KY memantau persidangan yang sudah digelar tiga kali.

“Berdasarkan hasil pemantauan persidangan, KY menilai majelis hakim sampai saat ini melakukan sidang pemeriksaan sejalan dengan ketentuan Hukum Acara, serta berperilaku sesuai dengan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim,” tegas Sukma dalam konferensi pers virtual, Kamis (25/3/2021).

 

1. Sempat terjadi kegaduhan dalam sidang Rizieq, tapi majelis hakim dinilai tetap bisa mengendalikan

KY: Hakim Bekerja Sesuai Kode Etik Saat Pimpin Sidang Rizieq ShihabRizieq Shihab (Twitter.com/DPPFPI_ID)

Ketua Bidang Sumber Daya Manusia Advokasi Hukum dan Penelitian dan Pengembangan KY, Binziad Kadafi, mengatakan pihaknya telah melakukan sejumlah rangkaian kegiatan advokasi hakim terkait kegaduhan sidang dengan terdakwa MRS di PN Jakarta Timur.

Kegiatan advokasi hakim yang dilakukan adalah penelaahan dan penelusuran lapangan untuk mengumpulkan bahan, keterangan dan data dukung. Selain itu, KY juga melakukan koordinasi pengamanan penyelenggaraan sidang.

"Terjadi kegaduhan, mengganggu jalannya persidangan tetapi Majelis Hakim masih memegang penuh kendali persidangan dan bisa menegakkan tata tertib persidangan," katanya.

Baca Juga: Hakim Kabulkan Permohonan Rizieq Shihab Hadir di PN Jakarta Timur

2. KY berharap semua pihak taat aturan

KY: Hakim Bekerja Sesuai Kode Etik Saat Pimpin Sidang Rizieq ShihabKomisi Yudisial (Dok. Humas Komisi Yudisial)

Komisi Yudisial, kata Sukma, akan terus memantau persidangan terlebih Majelis Hakim sudah mengabulkan permohonan Rizieq selaku terdakwa dan kuasa hukumnya untuk sidang secara offline. KY berharap sidang berjalan tertib, lancar dan sesuai aturan.

"Kami berharap semua pihak berperkara, yaitu hakim, jaksa, terdakwa dan kuasa hukum berpegang teguh  pada peraturan perundang-undangan yang berlaku serta menjaga kewibawaan hukum,” jelasnya.

3. Rizieq Shihab protes sidang digelar secara online

KY: Hakim Bekerja Sesuai Kode Etik Saat Pimpin Sidang Rizieq ShihabPemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (tengah) berjalan menuju mobil tahanan usai diperiksa di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (13/12/2020) dini hari. Rizieq Shihab ditahan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya untuk kepentingan penyidikan perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 terkait kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta pada 14 November lalu. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sebelumnya, sidang Rizieq Shihab di PN Jakarta Timur sempat beberapa kali diskors. Sebab, kubu Rizieq protes karena tak bisa hadir secara langsung di dalam persidangan.

Akhirnya, Majelis Hakim menyetujui permintaan Rizieq dan tim kuasa hukumnya untuk sidang secara langsung. Persidangan akan kembali dilanjutkan pada Jumat.

Baca Juga: Ngotot Bacakan Eksepsi secara Offline, Rizieq: Saya Ingin Dihadirkan!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya