Lukas Enembe Kembali Dibawa KPK ke RSPAD, Kenapa?

Lukas Enembe diklaim alami penurunan kondisi

Jakarta, IDN Times - Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe kembali dibawa ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Politikus Demokrat itu disebut perlu menjalani rawat jalan.

"Informasi yang kami peroleh, LE dibawa ke RSPAD hanya untuk rawat jalan atas rekomendasi dokter KPK," ujar Juru Bicara KPK Ali Fikri, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga: Lukas Enembe Diduga Pakai Uang Haram untuk Belanja Mobil Mewah

1. Lukas Enembe diklaim alami penurunan kondisi

Lukas Enembe Kembali Dibawa KPK ke RSPAD, Kenapa?Tersangka Gubernur Papua Lukas Enembe (tengah) yang duduk di kursi roda dikawal petugas menuju mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (12/1/2023). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Pengacara Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona, mengklaim kondisi kliennya menurun sehingga harus dibawa ke RSPAD. Awalnya Lukas Enembe akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka penyuapnya, namun batal.

"Ternyata Bapak Lukas kondisinya drop dan tidak bisa diperiksa," ujarnya.

2. KPK pastikan Lukas Enembe hanya rawat jalan

Lukas Enembe Kembali Dibawa KPK ke RSPAD, Kenapa?Juru Bicara KPK Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Ali Fikri menegaskan, Lukas Enembe tidak mengalami kondisi genting. Gubernur Papua dua periode itu hanya perlu melakukan rawat jalan.

"Yang bersangkutan perlu konsultasi dan pemeriksaan dokter terkait pergantian dan penambahan obat-obatan yang dibutuhkan," ujarnya.

3. Lukas Enembe jadi tersangka suap dan gratifikasi

Lukas Enembe Kembali Dibawa KPK ke RSPAD, Kenapa?Tersangka Gubernur Papua Lukas Enembe (tengah) yang duduk di kursi roda dikawal petugas menuju mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (12/1/2023). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Lukas Enembe telah ditetapkan sebagai tersangka sejak beberapa bulan lalu. Ia disebut menerima suap dan gratifikasi dari Direktur PT Tabi Bangun Papua, Rijatono Lakka, senilai Rp1 miliar.

Uang itu diterima setelah Enembe memberikan jatah pengerjaan tiga proyek infrastruktur di Provinsi di Papua kepada Direktu PT Tabi Bangun Papua. Proyek tersebut antara lain peningkatan Jalan Entrop-Hamadi senilai Rp14,8 M, rehabilitasi sarana dan prasarana penunjang PAUD senilai Rp13,3 M, dan penataan lingkungan arena menebang luar ruang AURI senilai Rp12,9 miliar.

Tak hanya itu, Lukas Enembe juga diduga telah menerima gratifikasi dari berbagai pihak yang nilainya mencapai Rp10 miliar. Hal tersebut masih terus didalami KPK dalam proses penyidikan.

Baca Juga: Baru Ditahan KPK, Lukas Enembe Minta Popok Ukuran XXL dan Ubi Cilembu

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya