Masuk Kabinet Jokowi, Gerindra Berpeluang Rebut Kursi Wagub dari PKS?

Hubungan Gerindra-PKS di Jakarta tetap harmonis

Jakarta, IDN Times - Masuknya Partai Gerindra ke dalam Kabinet Indonesia Maju dianggap bisa menjadi salah satu faktor yang membuat mereka bisa merebut jatah calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dari tangan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Hal tersebut diungkapkan Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing saat dihubungi Minggu (27/10).

1. Gerindra sudah masuk koalisi

Masuk Kabinet Jokowi, Gerindra Berpeluang Rebut Kursi Wagub dari PKS?ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Emrus menilai, peluang Partai Gerindra untuk mengambil kembali jatah Wakil Gubernur DKI Jakarta dari PKS sangat besar.

Sebab, Gerindra sudah masuk dalam barisan partai pendukung pemerintah sejak ketua umum Prabowo Subianto didapuk menjadi Menteri Pertahanan RI oleh Presiden Joko Widodo.

Dengan masuknya Gerindra ke ke gerbong pemerintah, tentu berimbas pada koalisi Gerindra dan PKS di Jakarta yang sama-sama mengusung Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Karena Gerindra sudah menjadi bagian dari koalisi, jadi saya menduga wagub kita kedepan terbuka lebar dari Gerindra ketimbang PKS," kata Emrus.

Baca Juga: DPRD Prioritaskan Bahas Anggaran Ketimbang Pilih Wagub DKI Jakarta

2. Politik nasional juga berdampak ke Jakarta

Masuk Kabinet Jokowi, Gerindra Berpeluang Rebut Kursi Wagub dari PKS?Prabowo Subianto sesaat setelah menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin (21/10). IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Emrus menilai dinamika politik di Jakarta tentu sangat tergantung pada peta politik di skala nasional. Dengan begitu arah pemilihan Wagub DKI juga bisa berubah dalam waktu tertentu. 

"Karena koalisi nasional akan bisa berdampak ke koalisi daerah, besar kemungkinan itu," jelasnya.

3. Gerindra dan PKS tetap mesra

Masuk Kabinet Jokowi, Gerindra Berpeluang Rebut Kursi Wagub dari PKS?Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara, Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Mohammad Arifin menyebut partainya tetap berkoalisi dengan Gerindra di DKI Jakarta meski di skala nasional mereka sudah berada di gerbong yang berbeda. 

"Koalisi dengan Gerindra terkait cawagub tetap jalan," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik. Dihubungi terpisah, Taufik memastikan perubahan dinamika skala nasional tak berpengaruh pada koalisi dengan PKS di Jakarta.

"Gak ada yang berubah. Pak Anies kan kita usung, kita yang calonin," jelas Taufik.

Baca Juga: Syaikhu Siap Mundur dari DPR Demi Kursi Wagub DKI, Ini Reaksi Gerindra

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya