Comscore Tracker

Meriahnya Roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan 2018 Pekanbaru

Padahal baru kota pertama loh

Pekanbaru, IDN Times - Setelah sukses pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya,  Garin Workshop dan Bakti Budaya Djarum Foundation tahun ini kembali menyelenggarakan kegiatan bertajuk Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia.

Sejumlah program seperti roadshow bincang kreatif, seleksi proposal proyek seni, pitching forum, workshop, mentoring, hingga pementasan terdapat dalam program ruang kreatif kali ini.

1. Workshop perdana disambut meriah

Meriahnya Roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan 2018 PekanbaruIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Berdasarkan pantauan IDN Times di Anjungan Idrus Tintin, Pekanbaru, Riau, Rabu (12/9), orang-orang telah memadati lokasi bahkan ketika acara belum dimulai. Bahkan, jumlah kursi yang tersedia pun tak menyisakan ruang kosong. Beberapa diantaranya terpaksa duduk di tangga karena tak mendapat tempat.

Teriakan penonton pecah ketika Seniman Ayu Laksmi memainkan alat musik bernama penting yang disambut tarian spontan oleh Otniel Tasman dari Otniel Dance Company. Antusiasme itu membuat pemeran tokoh 'Ibu Mawarni Suwono’ dalam film Pengabdi Setan itu senang.

“Senang rasanya bisa berbagi pengalaman tentang seni pertunjukan pada seniman-seniman muda ini. Antusiasme mereka sungguh luar biasa,” ungkapnya.

Baca Juga: 5 Teater dan Sirkus di Rusia Ini Cocok Jadi Tempat Wisata Anak-anak

2. Seniman muda punya potensi, namun sulit dapat kesempatan

Meriahnya Roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan 2018 PekanbaruIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Pimpinan Garin Workshop, Garin Nugroho mengungkapkan bahwa saat ini banyak anak-anak muda berpotensi melahirkan karya bagus. Sayang, kesempatan mereka untuk tampil sangat sulit didapat karena kurang mampu menjelaskan konsep. Garin pun berharap kegiatan ini dapat melatih seniman muda.

“Topik perbincangan mengelola kreativitas dan produktivitas dalam berkarya diharapkan membuka wawasan seniman-seniman muda serta menjadi ajang pembelajaran,” ungkap Garin.

3. Tiga workshop di tiga pulau berbeda

Meriahnya Roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan 2018 PekanbaruIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Pekanbaru menjadi kota pembuka dari empat workshop yang ada. Selain Pekanbaru, terdapat tiga kota penyelenggara lainnya, yakni Solo, Bali, dan Makassar. Tentunya narasumber di tiap kota akan berbeda dengan yang lainnya.

Baca Juga: Teater Koma 'Bius' Penonton di Festival Hadhrami UI

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya