Nyaris Seribu Kendaraan Jadi Pelanggar Ganjil-Genap

Persentase kendaraan alami penurunan

Jakarta, IDN Times - Hampir seribu kendaraan ditilang dalam perluasan ganjil-genap hari pertama di 25 ruas jalan pada Senin lalu. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, pada Selasa (10/9). 

"Total pelanggaran berdasarkan data dari Pak Dirlantas di Jakarta semuanya 941 kendaraan," kata Sayfrin.

1. Persentase mobil di ruas jalan yang kena ganjil-genap alami penurunan

Nyaris Seribu Kendaraan Jadi Pelanggar Ganjil-GenapANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Syafrin mengklaim volume kendaraan roda empat yang masuk ke ruas jalan pengoperasian ganjil-genap alami penurunan ketimbang saat ganjil-genap tak berlaku.

"Artinya jika kita bandingkan dengan volume lalu lintas yang masuk ke kawasan ganjil genap ini tentu sangat sedikit," katanya.

Baca Juga: Hari Pertama Perluasan Ganjil Genap, Sebanyak 1904 Pengendara Ditilang

2. Anies apresiasi masyarakat pengguna transportasi umum

Nyaris Seribu Kendaraan Jadi Pelanggar Ganjil-GenapIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anies pun berterima kasih pada masyarakat yang telah beralih ke transporasi umum. Menurutnya, tanpa ada masyarakat yang beralih ke transporasi umum maka kurangnya kemacetan di Jakarta tak terlihat.

"Kemacetan berkurang itu karena orang-orang sukarela merasa terfasilisitasi dengan kendaraan umum. Bagian kami di pemerintah memastikan kendaraannya cukup, jangkauan luas, dan nyaman," kata Anies.

3. Ganjil-genap hanya kebijakan saja

Nyaris Seribu Kendaraan Jadi Pelanggar Ganjil-GenapANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Anies mengatakan ganjil-genap hanya merupakan salah satu kebijakan saja. Sebab, tujuan utamanya adalah mendorong publik beralih ke moda transportasi umum agar kualitas udara membaik. Ia pun berencana akan menambah jumlah armada transportasi umum lagi.

"Kita juga terus menambah jumlah armada, menambah kenyamanan, dan menambah jangkauan," ucap Anies sesuai melangsungkan Upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional di Monas, Jakarta Pusat.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya