Pemakaman Jenazah Sutopo Ala Militer dan Dihadiri PNS

Sutopo dikebumikan di kampung halamannya Boyolali

Depok, IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengatakan pemakaman jenazah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho akan dilakukan seperti pemakaman militer.

Dia menjelaskan pemakaman akan menghadirkan peserta Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7).

"Pemakamannya akan kita coba dengan tata cara militer, tetapi pesertanya dari kalangan PNS," ujar Doni usai penyerahan jenazah di rumah duka, kompleks Raffles Hills, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7) malam.

Doni menjelaskan pihaknya sudah bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Boyolali, untuk menerjunkan PNS sebagai peserta upacara pemakaman almarhum Sutopo.

Menurut Doni, kepergian Sutopo membuat keluarga besar BNPB merasa kehilangan. Sebab Sutopo dikenal sebagai sosok militan dalam bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Dalam kondisi menderita sakit masih senantiasa menjalani tugasnya, dengan segala kemampuan yang dimiliki untuk menginformasikan kebencanaan. Pak Topo bekerja dengan hati," kata dia.

Sutopo meninggal dunia saat menjalani perawatan untuk mengobati kanker paru di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital, Minggu (7/7) pukul 02.20 waktu Guangzhou, Tiongkok. Sutopo dirawat di Guangzhou sejak 15 Juni 2019 lalu.

Saat mengembuskan napas terakhirnya, Sutopo didampingi istrinya, Retno Utami Yulianingsih, keluarga terdekat, dan komunitas warga Indonesia di Guangzhou.

Sutopo didiagnosis menderita kanker paru stadium IVB. Kanker yang dideritanya telah menyebar ke tulang dan beberapa organ vital tubuh.

Sejak divonis kanker akhir Desember 2017 lalu, ia masih gigih melakukan upaya pengobatan, maupun dalam menginformasikan berbagai bencana yang terjadi di Indonesia, selama 2018 hingga pertengahan 2019.

Jenazah Sutopo diterbangkan pada Minggu sore (7/7) dari Guangzhou, Tiongkok. Jenazah diperkirakan tiba di Jakarta melalui Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, pada Minggu pukul 20.30 WIB.

Jenazah Sutopo dibawa dari Tiongkok menuju Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Sebelum dimakamkan di kampung halamannya, jenazah Sutopo terlebih dulu disemayamkan di rumah duka, kompleks Raffles Hill, Cibubur, Depok, Jawa Barat.

Sutopo meninggal pada umur 50 tahun dan meninggalkan seorang istri, Retno Utami Yulianingsih, serta dua anak, Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho.

Baca Juga: Kepala BNPB Pimpin Prosesi Pemakaman Jenazah Sutopo

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya