Comscore Tracker

Pemilik Rumah Roboh di Matraman Mengadu ke Anggota DPRD DKI

Rumah tersebut roboh saat pemiliknya sedang tidur di kamar

Jakarta, IDN Times - Keluarga pemilik rumah yang roboh akibat proyek saluran air Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Matraman, Jakarta Timur sempat mengadukan nasibnya ke anggota DPRD sehari setelah kejadian.

Keluarga meminta bantuan anggota dewan karena ingin ada kejelasan nasib dan tempat tinggalnya segera diperbaiki. Hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Judistira Hermawan saat dihubungi IDN Times, Minggu (15/12).

"Kemarin pagi saya dihubungi Arda (keluarga pemilik rumah yang roboh. Dia bilang rumah keluarga mereka ambruk saat pengerjaan saluran air oleh kontraktor yang ditugaskan Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur," ujarnya.

1. Judistira langsung berkoordinasi dengan pihak terkait

Pemilik Rumah Roboh di Matraman Mengadu ke Anggota DPRD DKIIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Usai mendapat laporan, Judistira langsung menghubungi Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur sebagai penanggung jawab agar segera merespons masalah tersebut.

"Alhamdulillah dapat tertangani dan sepakat untuk diadakan perbaikan oleh kontraktor pelaksana," ujarnya.

Baca Juga: Kesaksian Pemilik Rumah yang Roboh karena Proyek Pemprov DKI Jakarta

2. DPRD tak akan memanggil Sudin SDA Jakarta Timur dan kontraktor terkait peristiwa itu

Pemilik Rumah Roboh di Matraman Mengadu ke Anggota DPRD DKIIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Meski demikian, ia mengatakan bahwa DPRD kemungkinan tidak akan memanggil Sudin SDA Jakarta Timur maupun kontraktor pelaksana terkait peristiwa itu. Anggota Komisi D yang membidangi masalah pembangunan ini pun berpesan agar kontraktor lebih hati-hati dalam bekerja terlebih saat musim hujan.

"Rasanya tidak, kita sudah beri pesan kepada Sudin dan Kontraktor agar menjadi perhatian khusus dan tidak terjadi lagi hal seperti ini," ujarnya.

3. Rumah roboh saat pemiliknya sedang istirahat di lantai dua

Pemilik Rumah Roboh di Matraman Mengadu ke Anggota DPRD DKIIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Rumah milik Lia Hardini Roboh pada Jumat (13/12) pukul 23.15 WIB. Saat kejadian Lia sedang istirahat di dalam kamarnya di lantai dua. Untuk bisa keluar, warga yang dibantu petugas menjebol tembok dan Lia pun tidur di pinggir jalan karena khawatir rumahnya kembali roboh.

Beberapa saat sebelum rumahnya roboh sepupunya sempat melihat ada tanda-tanda kerusakan di bagian rumahnya akibat proyek.

"Lantai kamar mandi retak-retak, saya lihat ke depan udah mulai ambles (lantainya). Terus saya panggil PPSU, gak lama difotoin sama dia rumah saya roboh," jelas Lia.

Baca Juga: Soal Rumah Roboh di Matraman, Dinas SDA: Rumahnya Sudah Tua

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You