Pemprov DKI Terima 1.174 Tenaga Medis Baru untuk Tangani COVID-19

Paling banyak yang diterima adalah dokter umum dan perawat

Jakarta, IDN Times - Untuk mendukung percepatan penanganan COVID-19, Pemprov DKI Jakarta telah menerima 1.174 tenaga medis baru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti pada Selasa (8/9/2020).

"Tenaga profesional yang mengikuti seleski ada 4859 (orang) berasal dari sebagian kecil pulau Jawa, sebagian besar dari Sumatera Utara, Sumatra Barat, Riau, Lampung, Bengkulu, NTT, NTB, bahkan ada dari Papua," jelas Widyastuti dalam agenda Arahan Gubernur kepada Tenaga Kesehatan Penanggulangan COVID-19 secara virtual.

1. Tenaga kesehatan yang diterima akan ditempatkan di berbagai lokasi

Pemprov DKI Terima 1.174 Tenaga Medis Baru untuk Tangani COVID-19Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Widyastuti mengatakan, sebanyak 1.174 orang itu terdiri dari berbagai macam latar belakang mulai dari Dokter Paru, Dokter Penyakit Dalam, Anastesi, Dokter Anak, Spesialis Obgyn, Dokter Umum, Pereawat, Bidan, Radiografer, Ahli Teknologi Laboratorium Medik, Survaillance, hingga Penyuluh Kesehatan.

Rencaanya, mereka akan ditempatkan ke berbagai fasilitas kesehatan mulai dari milik Pemprov DKI Jakarta hingga swasta yang membutuhkan.

"Rencana penempatannya di RSUD DKI Jakarta, UPT Labkesda, Puskesmas, Dinas Kesehatan, dan sebagian ada yang diperbantukan di BUMN mau pun swasta yang telah mengajukan ke Pemprov DKI Jakarta," jelasnya.

Baca Juga: Sedih, 206 Nakes Meninggal Kala Pandemik COVID-19 di Indonesia

2. Para tenaga kesehatan harus menjalani rapid test

Pemprov DKI Terima 1.174 Tenaga Medis Baru untuk Tangani COVID-19IDN Times/Paulus Risang

Sebelum bertugas, kata Widyastuti, para tenaga kesehatan itu akan menjalani rapid tes terebih dulu. Apabila hasilnya reaktif, maka akan dilaksanakan tes PCR.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada organisasi profesi yang telah bahu membahu bersama Pemprov DKI Jakarta mengendalikan COVID-19," ucapnya.

3. Berikut adalah daftar lengkap tenaga kesehatan yang diterima Pemprov DKI Jakarta

Pemprov DKI Terima 1.174 Tenaga Medis Baru untuk Tangani COVID-19Tenaga kesehatan mengenakan APD lengkap (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Berikut adalah daftar lengkap tenaga kesehatan yang diterima Pemprov DKI Jakarta:

Tenaga Kesehatan (904 orang)

Dokter Spesialis Paru: 2
Dokter Spesialis Penyakit Dalam: 1
Dokter Spesialis Anastesi, KIC: 1
Dokter Spesialis Anak: 1
Dokter Spesialis Obgyn: 3
Dokter Umum: 140
Perawat: 740
Perawat IPCN: 4
Bidan: 12

Tenaga penunjang kesehatan (132 orang)

Radiografer: 14
Pranata Laboratorium: 118

Tenaga Penunjang Lainnya (138 orang)

Penyuluh Kesehatan: 89
Surveilans: 49

Baca Juga: Jibaku Tenaga Kesehatan Bekerja di Tengah Minimnya APD 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya