Pemprov DKI Tidak Wajibkan Ikut Earth Hour Demi Debat Pilpres 2019

Earth Hour 2019 berlangsung pada Sabtu (30/3)

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan tidak mewajibkan warga DKI Jakarta untuk memadamkan listrik dalam Earth Hour 2019 pada Sabtu (30/3).

Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Lingkungan Hidup Yuli Hartono beralasan, penyelenggaraan Earth Hour kali ini bertepatan dengan debat Pilpres 2019.

Baca Juga: Suara Millennials: Seberapa Efektif Gerakan Earth Hour untuk Menjaga Bumi?

1. Pemprov gak mau mengganggu debat Pilpres 2019

Pemprov DKI Tidak Wajibkan Ikut Earth Hour Demi Debat Pilpres 2019IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Yuli mengatakan, Pemprov DKI Jakarta selalu berpartisipasi dalam Earth Hour sejak dilaksanakan pada 2009. Namun, karena tahun ini pelaksanaannya bersamaan dengan debat Pilpres, maka Pemprov tak mewajibkan warga untuk mematikan listrik.

"Kita gak mewajibkan itu. Sekarang kan kita lagi hajatan lima tahunan nih, jangan sampai kita mengganggu acara mereka," jelas Yuli di Stasiun Dukuh Atas, Rabu (27/3).

2. Listrik di sejumlah monumen akan dipadamkan

Pemprov DKI Tidak Wajibkan Ikut Earth Hour Demi Debat Pilpres 2019IDN Times/Irfan Fathurohman

Meski tak mewajibkan, Pemprov DKI tetap berinisiatif untuk memadamkan listrik di sejumlah gedung dan monumen di Jakarta seperti Patung Sudirman, Monas, gedung Balai Kota, Patung Pemuda, Patung Kuda Thamrin, Bundaran HI, dan Tugu Tani.

"Pemprov DKI mengambil inisiatif mematikan lampu patung-patung monumentalnya saja sebagai keikutsertaan Pemprov," jelas Yuli.

3. Debat Pilpres 30 Maret 2019

Pemprov DKI Tidak Wajibkan Ikut Earth Hour Demi Debat Pilpres 2019ANTARA FOTO/Setneg-Agus Suparto

Debat Pilpres 2019 putaran keempat berlangsung pada Sabtu, 30 Maret 2019. Jika pada debat ketiga hanya menghadirkan calon wakil presiden, kali ini hanya calon presidennya saja yang akan berdebat.

Joko 'Jokowi' Widodo dan Prabowo Subianto akan berdebat mengenai ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

4. Debat Pilpres 2019 bisa disaksikan melalui Youtube IDN Times

Pemprov DKI Tidak Wajibkan Ikut Earth Hour Demi Debat Pilpres 2019IDN Times/Rohmanudin

Seperti debat-debat sebelumnya, debat Pilpres kali ini juga disiarkan langsung oleh IDN Times dan bisa disaksikan melalui Youtube.com/IDNTimes.

Selain menyiarkan langsung, Kemal Pahlevi dan Lawrence Anzela turut hadir dan akan mengomentari jalannya debat.

Baca Juga: Debat Pilpres Keempat, KPU Tidak Akan Undang Menteri 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya