Comscore Tracker

Peringati Hari Antikorupsi Sedunia, Jokowi-Ma'ruf Datangi KPK Hari Ini

Jokowi akan membuka Hakordia 2021

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dijadwalkan hadir di Gedung Merah Putih KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Kamis (9/12/2021). Kehadirannya di kantor lembaga antikorupsi itu untuk memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021.

"Puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021 akan diselenggarakan di Gedung Merah Putih KPK pada Kamis, 9 Desember 2021," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK, Ipi Maryati.

1. Jokowi akan membuka Hakordia 2021

Peringati Hari Antikorupsi Sedunia, Jokowi-Ma'ruf Datangi KPK Hari IniWakil Presiden RI Ma’ruf Amin (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Jokowi tak bakal hadir sendirian ke KPK. Ia akan didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sejumlah jajaran Kabinet Indonesia Maju.

"Dijadwalkan Presiden Joko Widodo akan membuka kegiatan tersebut secara langsung. Demikian juga Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin akan menutup kegiatan secara langsung," kata Ipi.

Baca Juga: Alasan Jokowi Tak Lapor KPK soal 3 Ton Jeruk dari Warga Karo

2. Puncak acara Hakordia bakal disiarkan lewat YouTube

Peringati Hari Antikorupsi Sedunia, Jokowi-Ma'ruf Datangi KPK Hari IniPlt Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Karena DKI Jakarta masih berstatus PPKM Level 2 dalam rangka pencegahan penularan virus corona, KPK menerapkan sejumlah batasan dalam menggelar Hakordia 2021. Acara ini bakal berlangsung hybrid dan disiarkan langsung lewat YouTube KPK  demi menaati protokol kesehatan.

"Pelaksanaan kegiatan berlangsung secara hybrid dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat bagi tamu dan undangan yang hadir secara langsung," ujarnya.

3. Hakordia 2021 mengusung tema 'Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi'

Peringati Hari Antikorupsi Sedunia, Jokowi-Ma'ruf Datangi KPK Hari IniKonferensi pers Hakordia 2021 (dok. Humas KPK)

Rangkaian acara Hakordia 2021 yang diselenggarakan KPK sebelumnya sudah digelar di empat daerah berbeda, yakni Kendari, Banjarmasin, dan NTT.

Jakarta akan menjadi tempat diselenggarakannya acara puncak peringatan Hakordia 2021. Hakordia kali ini mengusung tema 'Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi'. Tema ini dipilih berdasarkan hasil rapat yang dilakukan internal KPK.

Baca Juga: KPK Periksa PNS Kemenkeu soal Aliran Dana Dugaan Korupsi Tabanan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya