Comscore Tracker

Prabowo Jadi Menteri Jokowi, Gerindra dan PKS Tetap Mesra di Jakarta

Koalisi jalan terus

Jakarta, IDN Times - Dua kader Gerindra, Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo, secara mengejutkan masuk Kabinet Indonesia Maju (KIM) bentukan Presiden Joko "Jokowi" Widodo - Ma'ruf Amin.

Bahkan, jumlah kursi menteri yang didapat Gerindra lebih banyak ketimbang Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Hal ini mengejutkan karena Gerindra adalah pengusung pasangan Prabowo-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Keduanya adalah lawan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Masuknya Gerindra ke dalam kabinet praktis membuat sekutu utama mereka saat mengusung Prabowo-Sandiaga di Pilpres, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), berdiri berjalan sendirian di luar pemerintahan.

Namun di luar urusan menteri, ternyata hubungan Gerindra dan PKS tetap mesra di ibu kota. "Koalisi dengan Gerindra terkait cawagub (DKI Jakarta) tetap jalan," kata Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin saat dihubungi, Kamis (24/10).

1. PKS ingin DPRD segera laksanakan Rapimgab pemilihan Wagub

Prabowo Jadi Menteri Jokowi, Gerindra dan PKS Tetap Mesra di JakartaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sudah 14 bulan Jakarta tak punya wakil gubernur sepeninggal Sandiaga Uno yang maju dalam pemilihan Presiden RI. Hingga kini, pemilihan penggantinya belum juga dilakukan DPRD DKI Jakarta. Untuk itu, PKS mendesak dewan untuk segera melaksanakan Rapimgab agar pemilihan wagub bisa semakin cepat.

"(Kami) meminta pimpinan DPRD untuk segera selenggarakan rapimgab," ujarnya.

Baca Juga: Ini Lho Alasan Prabowo Subianto Mau Jadi Menhan di Kabinet Jokowi

2. DPRD prioritas bahas anggaran

Prabowo Jadi Menteri Jokowi, Gerindra dan PKS Tetap Mesra di JakartaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik secara terpisah mengatakan pihaknya lebih memprioritaskan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) sebagai dasar RAPBD 2020 ketimbang wakil gubernur.

"Anggaran lebih penting. Pak Anies kerja sendiri senyum-senyum aja, makanya kita bilang APBD dulu saja lah, menyangkut kehidupan masyarakat Jakarta," ujarnya di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan

3. Taufik pastikan Jakarta punya wagub sebelum 2020

Prabowo Jadi Menteri Jokowi, Gerindra dan PKS Tetap Mesra di JakartaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Meski memprioritaskan anggaran, Taufik berani menjamin Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru sudah terpilih sebelum 2020. Namun, pihaknya menuntut PKS bergerak lebih agresif.

"Target saya sebelum tahun baru (sudah) selesai. Tidak fair dong kalau kami yang dituntut untuk aktif, lebih agresif sementara PKS duduk-duduk saja," jelasnya.

Baca Juga: Usai Rapat Kabinet Pertama, Prabowo Sertijab dengan Ryamizard

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya