Rekapitulasi Pileg 2019 di Jakarta Tersendat, Ini Penyebabnya

Ada sejumlah hal yang diduga jadi pemicu

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta belum dapat menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Ketua KPUD DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos mengakui, hingga saat ini pengitungan suara di beberapa kecamatan di Jakarta Timur masih terbengkalai.

1. KPUD telah melaporkan ke KPU RI

Rekapitulasi Pileg 2019 di Jakarta Tersendat, Ini PenyebabnyaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Betty mengatakan pihaknya sudah melaporkan keterlambatan ini ke KPU RI, untuk meminta perpanjangan waktu melakukan rekapitulasi.

"Update terakhir dari Jakarta Timur kecamatan Pulogadung masih belum menyelesaikan tingkat kecamatannya. Kami sendiri sudah berkoordinasi dengan KPU RI terkait kondisi yang ada di lapangan," kata Betty saat dikonfirmasi, Kamis (16/5).

Baca Juga: Sandiaga Minta Relawannya Terus Kawal Penghitungan Suara

2. KPU RI sudah menyetujui perpanjangan waktu untuk rekapitulasi

Rekapitulasi Pileg 2019 di Jakarta Tersendat, Ini PenyebabnyaIDN Times/Denisa Tristianty

Betty mengatakan permohonan perpanjangan waktu itu telah disetujui KPU RI. Proses administrasi sudah mulai dilakukan, sehingga KPUD DKI akan mempercepat rekapitulasi suara di Jakarta Timur untuk mengejar ketertinggalan dalam beberapa hari ke depan.

"Saya langsung ke ketua KPU RI dan suratnya Beliau sudah ditandatangani sedang proses administrasi untuk disampaikan pada kami perpanjangannya. Jadi karena kondisi di luar kemampuan, di luar dugaan KPU provinsi DKI Jakarta tentu kami minta dasar kepada KPU RI untuk penetapan provinsi KPU DKI Jakarta," ujar dia.

3. Ada sejumlah hal yang diperkirakan menjadi pemicu keterlambatan

Rekapitulasi Pileg 2019 di Jakarta Tersendat, Ini PenyebabnyaIDN Times/Denisa Tristianty

Betty menduga ada sejumlah hal yang menjadi pemicu keterlambatan penghitungan suara di Jakarta Timur.

"Alasannya beberapa hal, mungkin karena SDM-nya sudah sangat lelah. Lalu yang kedua, teknologi yang digunakan kan harusnya basisnya Situng, sementara mereka juga kelasnya belum kelas besar, masih kelas kecil. Dari pertengahan waktu dari akhir ini baru dibentuk kelas-kelas besar, jadi rekap di sini memang butuh waktu yang cukup lama di sana," kata dia.

Baca Juga: Prabowo: Saya Akan Menolak Hasil Penghitungan Suara Pemilu

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya