Rumania Bakal Jadi Tuan Rumah Konvensi Minamata Gantikan Indonesia

Rumania bangga bisa jadi Presiden Konvensi Minamata kelima

Badung, IDN Times - Indonesia telah menjadi tuan rumah Konvensi Minamata keempat. Pada penyelenggaraan berikutnya, konvensi ini akan digelar di Rumania.

"Diharapkan pada COP 5 nanti juga bisa menghasilkan sesuatu lagi yang lebih (baik)," ujar Presiden COP 4 Minamata, Rosa Vivien Santoso.

1. Presiden COP 4 Minamata sempat ragu konvensi bisa digelar tatap muka

Rumania Bakal Jadi Tuan Rumah Konvensi Minamata Gantikan IndonesiaPresiden COP 4 Minamata sekaligus Dirjen PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup, Rosa Vivien Ratnawati (IDN Times/Aryodamar)

Rosa, yang juga Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup, merefleksikan kembali ketika Indonesia menyiapkan Konvensi Minamanta dan harus terhalang pandemik COVID-19.

Ia mengaku sempat pesimis Konvensi Minatamat keempat bisa terselenggara tatap muka di Indonesia, terlebih ada pemotongan anggaran yang besar dari berbagai sektor dalam rangka penanganan COVID-19.

"Bahkan di COP 4.1 saya tak yakin (Konvensi Minamata digelar) sejak tingkat infeksi virus corona (di Indonesia) masih tetap tinggi pada saat itu. Tapi, pada akhirnya kita di sini, di Bali," ujarnya.

Baca Juga: Produk UMKM Asli Bali Jadi Primadona di COP 4 Minamata 

2. Rumania bangga bisa jadi Presiden Konvensi Minamata berikutnya

Rumania Bakal Jadi Tuan Rumah Konvensi Minamata Gantikan IndonesiaPresiden COP 4 Minamata Rosa Vivien Ratnawati dan Presiden COP 5 Claudia Dumitru (IDN Times/Aryodamar)

Tak hanya jadi tuan rumah Konvensi Minata kelima, Rumania juga akan meneruskan Indoensia menjadi Presiden konvensi ini. Secara simbolis, penyerahan kepemimpinan diwakili Rosa kepada Claudia Dumitru selaku perwakilan Rumania.

Dalam sambutannya, Claudia mengapresiasi rekan-rekannya dari reional Eropa Timur yang memilihnya sebagai presiden Konvensi Minamata kelima. Ia mengaku sangat bangga dengan hal ini.

"Saya bangga. Saya gak tahu apa yang sebenarnya saya lakukan saat ini, tapi yang bisa saya katakan adalah saya percaya diri karena saya telah berada di Konvensi Minamata sejak hari pertama," ujarnya.

3. Presiden COP 5 Minamata harap dukungan semua pihak untuk gelar konvensi berikutnya

Rumania Bakal Jadi Tuan Rumah Konvensi Minamata Gantikan IndonesiaPresiden COP 5 Minamata Claudia Dumitru (IDN Times/Aryodamar)

Ia mengaku sangat bangga dan bahagia. Claudia juga berharap mendapat dukungan untuk menggelar Konvensi Minamata berikutnya.

"Saya orang yang sangat terbuka dan bersahabat. Saya tak sabar untuk punya lebih banyak teman," ujarnya.

Baca Juga: Indonesia Disebut Berhasil Gelar COP 4 Minamata dengan Baik di Bali

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya