Saran Ketua DPRD DKI untuk Anies soal Ancaman Varian Omicron

Pemprov DKI Jakarta diminta lebih peka

Jakarta, IDN Times - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, memberikan saran bagi Gubernur Anies Baswedan. Saran itu diberikan untuk menyikapi munculnya varian COVID-19 Omicron di Indonesia yang baru diumumkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

"Saya minta ke Pemprov, tim COVID lebih harus lebih tanggap. Euforia masyarakat Kakarta kan luar biasa soal tahun baru, saya rasa itu bisa diredam ," ujar Pras saat ditemui usai konferensi pers Musyawarah Nasional ke-10 Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI), Jumat (17/12/2021).

Baca Juga: 3 Strategi Satgas COVID-19 Cegah Penyebaran Omicron Saat Nataru 

1. Pemprov DKI Jakarta diminta lebih peka

Saran Ketua DPRD DKI untuk Anies soal Ancaman Varian OmicronKetua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dalam agenda rapat bersama Badan Musyawarah DPRD DKI Jakarta, Senin (27/9/2021). (instagram.com/prasetyoedimarsudi)

Politikus PDI Perjuangan ini meminta Pemprov DKI Jakarta lebih peka dalam menyikapi masuknya COVID-19 varian Omicron ke Indonesia. Ia khawatir tingkat penularan virus corona di Jakarta kembali meledak seperti beberapa waktu lalu.

"Saran buat Pemprov ya harus lebih sensitif, rumah sakit harus terjaga. Jangan sampai kejadian amit-amit jabang bayi, jangan sampai terjadi kayak bulan Juni-Juli itu kita harus sudah siap. Maka saya rasa kita berdoa bersama, kita tidak ingin melebar kemana-mana," ujar Pras.

2. Ketua DPRD DKI minta semua pihak divaksinasi COVID-19

Saran Ketua DPRD DKI untuk Anies soal Ancaman Varian OmicronVaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama pada seorang seniman saat vaksinasi massal bagi seniman dan budayawan, di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (19/4/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Ketua DPRD DKI dua periode ini meminta semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan. Semua pihak juga diminta lebih disipilin terhadap protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penularan virus corona yang telah disiapkan pemerintah serta melakukan vaksinasi.

"Karena bukan apa apa, dengan terjadnya di wisma atlet Omicron ini udah menularkan ke 3 orang kalau gak salah, mudah mudahan gak berkembang. Dengan adanya kita sudah tervaksin semua, yang belum vaksin kan sekarang sudah banyak gerai-gerai vaksin," ujar Pras.

3. Ada lima kasus probable omicron di Indonesia

Saran Ketua DPRD DKI untuk Anies soal Ancaman Varian OmicronMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) berbincang dengan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono jelang rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/2/2021) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Diberitakan sebelumnya, COVID-19 varian Omicron telah masuk ke Indonesia. Hal itu disampaikan Menkes Budi dalam keterangan pers secara virtual, Kamis, 16 September 2021.

Budi mengatakan, kasus pertama varia Omicron ditemukan pada pekerja di RS Wisma Atlet. Hingga saat ini terdapat 5 kasus probable Omicron di Indonesia.

Baca Juga: Petugas Wisma Atlet Kena Omicron, LaporCovid-19: Yakin yang Pertama?

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya