Comscore Tracker

Semeru Erupsi, Bandara Juanda dan Abdurrahman Saleh Berjalan Normal

Status Gunung Semeru naik dari siaga dari awas

Jakarta, IDN Times - Erupsi Gunung Semeru belum berdampak pada rute penerbangan bandara di sekitarnya. AirNav Indonesia memastikan hingga artikel ini dimuat, Bandara Juanda, Surabaya dan Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, masih beroperasi normal.

"Hingga statement ini dikeluarkan, operasional penerbangan dan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Juanda dan Abdurrahman Saleh berjalan normal," ujar Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Rosedi dalam keterangannya, Minggu (4/12/2022).

1. Petugas terus bersiaga di lapangan untuk memantau dampak erupsi Gunung Semeru

Semeru Erupsi, Bandara Juanda dan Abdurrahman Saleh Berjalan NormalGunung Semeru muntahkan Awan Panas Guguran (APG) setinggi kurang lebih 1.500 meter, Minggu (4/12)/2022)/ dok BNPB

Meski begitu, kondisi di lapangan akibat erupsi Gunung Semeru terus dipantau. Petugas terus disiagakan untuk memantau situasi.

"Personel Cabang Surabaya dan Malang terus bersiaga untuk mengantisipasi adanya kemungkinan lain erupsi, terlebih, Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang cukup sering diguncang erupsi dan gempa letusan awan panas," jelasnya.

Baca Juga: Sebanyak 1.979 Warga Mengungsi akibat Awan Panas Gunung Semeru

2. Belum ditemukan dampak kerusakan pada bandara

Semeru Erupsi, Bandara Juanda dan Abdurrahman Saleh Berjalan NormalSituasi arus balik Mudik 2022 di Bandara Juanda Surabaya. (dok. PT Angkasa Pura II)

Dari hasil pemeriksaan sementara, AirNav belum menemukan dampak kerusakan pada bandara akibat erupsi Gunung Semeru. Meski begitu, peringatan terhadap dua bandara tersebut telah dikeluarkan.

"AirNav Indonesia terus berkoordinasi dengan Stakeholder penerbangan terkait update kondisi di lapangan," ujarnya.

3. Status Gunung Semeru naik dari siaga dari awas

Semeru Erupsi, Bandara Juanda dan Abdurrahman Saleh Berjalan NormalGunung Semeru muntahkan Awan Panas Guguran (APG) setinggi kurang lebih 1.500 meter, Minggu (4/12)/2022)/ dok BNPB

Status Gunung Semeru telah mengalami peningkatan dari level III (Siaga) menjadi level IV (Awas) usai terjadi erupsi pada Minggu pagi. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat untuk tidak panik. 

Khofifah mengimbau seluruh masyarakat yang berada di lokasi sekitar Gunung Semeru Lumajang, untuk segera menyelamatkan diri dan mencari titik-titik evakuasi terdekat yang sudah disiapkan oleh petugas.

Baca Juga: Awas! Luncuran Awan Panas Gunung Semeru Sudah Sampai Gladak Perak

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya