Comscore Tracker

Sidang Isbat Awal Ramadan Digelar 12 April 2021 Dipimpin Menag Yaqut

Sidang isbat akan digelar online karena pandemik COVID-19

Jakarta, IDN Times - Sidang Isbat penetapan awal Ramadan 1442 Hijriah akan digelar pada Senin (12/4/2021). Hal ini ditegaskan oleh Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin saat memimpin rapat persiapan Sidang Isbat Awal Ramadan 1442 H di Gedung Kemenag Thamrin, Jakarta.

"Insya Allah, sidang isbat awal Ramadan digelar 12 April 2021. Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Kamaruddin Amin dalam keterangannya, Kamis (1/4/2021).

1. Sidang isbat awal Ramadan digelar pada 29 Sya'ban yang bertepatan pada 12 April 2021

Sidang Isbat Awal Ramadan Digelar 12 April 2021 Dipimpin Menag YaqutIDN Times/Helmi Shemi

Menurutnya, pelaksanaan sidang isbat oleh Kementerian Agama sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah. Sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender Hijriyah. Misalnya, sidang isbat awal Ramadan digelar pada 29 Syaban, awal Syawal digelar 29 Ramadan. 

“Karenanya, sidang isbat awal Ramadan ini digelar pada 29 Sya'ban yang bertepatan 12 April 2021,” tuturnya.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Amil Dan Marbot Masjid Kota Tangerang Divaksinasi 

2. Sidang isbat dipimpin Menag Yaqut Cholil Qoumas

Sidang Isbat Awal Ramadan Digelar 12 April 2021 Dipimpin Menag YaqutMenteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sidang Isbat akan melibatkan sejumlah elemen. Mereka yang terlibat adalah Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama, Dubes negara sahabat, perwakilan ormas, LAPAN, BMKG, dan undangan lainnya.

"Sidang isbat akan dipimpin oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas. Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII untuk hadir dalam sidang," tuturnya.

3. Sidang isbat disiarkan di TVRI dan media sosial Kemenag

Sidang Isbat Awal Ramadan Digelar 12 April 2021 Dipimpin Menag YaqutIDN Times/Helmi Shemi

Direktur Urusan Agama Islam Agus Salim menambahkan, sidang isbat akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Lokasi sidang akan disemprot lebih dahulu dengan disinfektan dan peserta terbatas yang diundang hadir juga akan dilakukan pembatasan jarak, pemindaian suhu tubuh, dan wajib mengenakan masker. 

"Sidang isbat akan disiarkan oleh TVRI dan media sosial Kementerian Agama," kata Agus.

 

 

Baca Juga: Warga DKI Tak Usah Khawatir, Stok Pangan Dijamin Aman Selama Ramadan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya