Singgung Kondisi Jalan di Lampung, KPK: Bikin Bapak Presiden Kecewa

Jalan di lampung sempat viral

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyinggung kondisi jalan rusak di Provinsi Lampung, yang beberapa waktu lalu sempat menjadi sorotan publik. Hal itu diungkapkan komisioner KPK di hadapan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia).

Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango mulanya mengatakan, sejumlah kasus korupsi di daerah masih saja terjadi. Padahal, digitalisasi telah dilakukan.

"Kami sampaikan contoh sederhana, fenomena terungkapnya beberapa kasus di pelbagai daerah tentang permintaan uang ketok oleh oknum DPRD dalam rangka pengesahan APBD," ujar Nawawi, Selasa (12/12/2023).

"Demikian juga pelayanan publik berupa penerbitan izin dan rekomendasi di tingkat pusat dan daerah. Pengadaan barang dan jasa yang masih menyisakan praktek-praktek koruptif berupa mark-up harga, pengaturan tender elektronik," sambungnya.

Baca Juga: Dewas KPK Didesak Gandeng Polda Usut Kasus Pemerasan Pimpinan KPK

1. Kondisi jalan di Lampung disebut bikin Jokowi kecewa

Singgung Kondisi Jalan di Lampung, KPK: Bikin Bapak Presiden KecewaPeringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia( 2023 pada 12 Desember 2023. (ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)

Nawawi kemudian bicara soal proyek pembangunan infrastruktur di daerah yang rentan terjadi korupsi. Ia pun menyinggung pembangunan jalan di Lampung.

"Selain fenomena uang ketok di daerah, saat ini prioritas pembangunan infrastruktur jalan yang membuat Bapak Presiden kecewa di provinsi Lampung," ujarnya.

2. Penggunaan teknologi dalam pemberantasan korupsi adalah hal penting

Singgung Kondisi Jalan di Lampung, KPK: Bikin Bapak Presiden KecewaNawawi Pomolango (IDN Times/Aryodamar)

Meski begitu, Nawawi menyebut, penggunaan teknologi saat ini sudah sangat penting. Sebab, teknlogi juga bisa membantu pemberantasan korupsi.

"Kami juga menganggap bahwa sinergitas dan penggunaan teknologi informasi dalam upaya pemberantasan korupsi merupakan suatu keharusan," ujar Nawawi.

Baca Juga: Novel soal Agus Rahardjo: Revisi UU KPK untuk Melemahkan KPK Terjawab

3. Jalan di Lampung sempat viral jadi sorotan publik

Singgung Kondisi Jalan di Lampung, KPK: Bikin Bapak Presiden KecewaKondisi jalan rusak di Rawajitu Kabupaten Tulang Bawang (instagram.com/potrettambak).

Diketahui, kondisi jalan di Lampung yang rusak sempat menjadi sorotan publik. Bahkan, Presiden Jokowi secara khusus melakukan kunjungan kerja dan melintas jalan-jalan rusak tersebut.

Kekayaan pejabat Lampung pun dipelototi publik. Mulai dari gubernur, wakil gubernur, hingga kepala dinas setempat pernah dipanggil KPK terkait kekayaan yang mereka laporkan.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya