Sirkuit Formula E di Monas Langsung Dibongkar Usai Balapan

Lintasan balap Formula E sengaja dibuat gak permanen

Jakarta, IDN Times - Sirkuit Formula E 2020 yang rencananya akan dibangun di Monumen Nasional (Monas), ternyata hanya bersifat sementara.

"Khusus lintasan yang di tengah (kawasan Monas) yang dibongkar lapisan atasnya saja, karena sifatnya tidak permanen," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho,  Rabu (12/2).

1. Lintasan sengaja dibuat tak permanen

Sirkuit Formula E di Monas Langsung Dibongkar Usai Balapan(Facebook.com/AniesBaswedan)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sengaja membuat lintasan balap mobil listrik itu di Monas tidak permanen. Sebab lintasan yang berada di kawasan Monas jenis cobblestone atau batu berbentuk bulat untuk jalan.

"Rencananya batu alamnya kita lapis dengan membran atau geotekstile, baru setelah itu kita layer hotmix," ujar Hari.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Siapkan Monas Jadi Trek Formula E

2. Jalan di luar Monas juga akan diaspal

Sirkuit Formula E di Monas Langsung Dibongkar Usai Balapan(IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Hari menjelaskan Dinas Bina Marga juga akan mengaspal Jalan Medan Merdeka Selatan, agar sesuai aturan Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Sesuai aturan FIA, lintasan balap untuk ajang Formula E harus memenuhi standar grade 3, sedangkan untuk Formula 1 menggunakan aspal dengan standar grade 1.

"(Jalan Medan Merdeka Selatan) akan dilakukan perbaikan lagi sesuai standar lintasan balap," kata Hari.

3. Anies telah bersurat ke pemerintah pusat

Sirkuit Formula E di Monas Langsung Dibongkar Usai Balapan(Dok. IDN Times/Istimewa)

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah bersurat kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno selaku Ketua Komisi Pengarah kawasan Medan Merdeka. Dalam surat itu, Anies mengapresiasi pemerintah pusat yang telah memberi izin penyelenggaraan. Ia juga berjanji akan menaati aturan di Monas sebagai Cagar Alam.

Rute dimulai dari sisi selatan Monas atau Jalan Pelataran Merdeka mengarah ke Pintu Tenggara Monas, dekat Stasiun Gambir. Kemudian berbelok ke arah Medan Merdeka Selatan. Di kawasan Patung Arjuna Wiwaha belok ke dalam Monas, melalui pintu barat daya.

Baca Juga: Anies Kirim Peta Formula E ke Mensesneg, Begini Desain Rute Balapnya

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya