Siwi Widi Gunakan Uang Anak Terdakwa Korupsi Pajak Buat ke Klinik

Siwi Widi terima Rp647,85 juta dari Farsha

Jakarta, IDN Times - Eks Pramugari Garuda Indonesia, Siwi Widi, mengakui menerima uang senilai total Rp647,8 juta dari anak terdakwa korupsi Ditjen Pajak Wawan Ridwan, Muhammad Farsha Kautsar. Siwi merasa bisa mendapatkan uang tersebut karena Farsha berupaya dermawan padanya.

"Sebenarnya Farsha suka tanya kegiatan saya. Misal saya mau pergi ke klinik, lalu Farsha bertanya harganya berapa, dia mencoba membayarkan, mencoba dermawan pada saya," ujar Siwi ketika bersaksi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga: Siwi Widi Akui Terima Rp647,8 Juta dari Anak Terdakwa Korupsi Pajak

1. Siwi Widi sebut anak Alfred Simanjuntak berupaya perhatian padanya

Siwi Widi Gunakan Uang Anak Terdakwa Korupsi Pajak Buat ke KlinikEks Pramugari Garuda Indonesia, Siwi Widi Purwianti (instagram.com/siwi_sidi)

Siwi merasa saat itu Farsha berupaya mendekatinya. Menurutnya, sejumlah uang yang diberikan Farsha merupakan salah satu bentuk perhatian.

Farsha bahkan pernah ikut Siwi terbang ketika bertugas. Namun, ia membantah pernah berpacaran dengan Farsha karena merasa hanya teman dekat.

"Sebenarnya, waktu itu Farsha meminta saya jadi pasangannya, ya. Tapi waktu itu saya belum paham Farsha, jadi saya agak takut," ungkap Siwi.

2. Anak terdakwa korupsi pajak disebut lakukan pendekatan pada Siwi Widi

Siwi Widi Gunakan Uang Anak Terdakwa Korupsi Pajak Buat ke KlinikEks Pramugari Garuda Indonesia Siwi Widi (IDN Times/Aryodamar)

Perkenalan Siwi dengan anak kandung Alfred bermula ketika Farsha menghubunginya melalui aplikasi pesan singkat. Ia mengaku tak tahu dari mana Farsha mendapatkan nomor teleponnya.

Pada mulanya, Farsha, disebut Siwi, mengenalkan dirinya sebagai anak Anggota DPR berusia 28 tahun. Namun, ia tidak pernah bertemu atau mengetahui orang tua Farsha.

"Waktu itu Farsha mengenal saya mengaku sudah berusia 28 tahun sebagai pengusaha, bukan mahasiswa. Dia mencoba mendekati saya dan ada obrolan di mana dia mencoba mencari perhatian pada saya, dengan membayarkan sesuatu untuk saya," ujar Siwi.

Baca Juga: KPK Panggil Eks Pramugari Garuda Siwi Widi Jadi Saksi di Kasus Pajak

3. Aliran uang ke Siwi Widi terungkap dalam dakwaan Wawan Ridwan

Siwi Widi Gunakan Uang Anak Terdakwa Korupsi Pajak Buat ke KlinikTerdakwa korupsi Ditjen Pajak Wawan Ridwan (IDN Times/Aryodamar)

Aliran uang kepada Siwi terungkap ketika Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membacakan dakwaan. Saat itu, jaksa menyebut Wawan meminta anaknya yang bernama Muhammad Farsha Kautsar, membuat rekening baru, menukar valas, membeli barang, hingga membagikan uang pada sejumlah pihak.

Siwi Widi yang disebut sebagai teman dekat Farsha menerima Rp647,85 juta. Uang itu didapat Siwi melalui transfer sebanyak 21 kali pada rentang waktu 8 April hingga 23 Juli 2019.

Selain mengalir pada Siwi, Farsha juga membeli jam tangan seharga Rp888,8 juta hingga mobil mewah Mitsubishi Outlander dan Mercedes-Benz C300 Coupe senilai total Rp1,3 miliar.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya