Survei: Pemilih Jokowi Cenderung Dukung Prabowo Daripada Ganjar

Tren pemilih Jokowi yang dukung Ganjar Pranowo menurun

Jakarta, IDN Times - Lembaga Survei Polstat Indonesia merilis laporan survei nasional periode Agustus 2023, Rabu (9/8/2023).

Dalam survei tersebut, pemilih Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019 disebut cenderung memilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto daripada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Hasil survei Polstat Indonesia menunjukkan bahwa bagian terbesar publik atau 46,2 persen responden yang memilih Jokowi pada Pilpres 2019 mengaku akan memilih Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang," ujar Peneliti Senior Polstat Indonesia, Apna Permana dalam konferensi pers, Rabu.

Baca Juga: Duet Prabowo-Erick Dinilai Mampu Gaet Suara Gen Z dan Milenial di 2024

1. Tren pemilih Jokowi yang dukung Ganjar Pranowo menurun

Survei: Pemilih Jokowi Cenderung Dukung Prabowo Daripada GanjarPresiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kunjungan ke Boyolali, Jawa Tengah. (instagram.com/ganjar_pranowo)

Permana menjelaskan bahwa pemilih Jokowi yang mendukung Ganjar menunjukkan tren menurun pada periode Februari-Agustus 2023. Sebaliknya, pemilih Jokowi yang mendukung Prabowo cenderung naik.

Pada Februari 2023, basis massa Jokowi yang mendukung Prabowo hanya 39,6 persen, lalu naik menjadi 43,5 persen pada Mei 2023, dan 46,2 persen pada Agustus 2023.

Sedangkan basis massa Jokowi yang mendukung Ganjar pada Februari 2023 sebanyak 38,9 persen pada Februari 2023, turun menjadi 34,2 persen pada Mei 2023, dan kembali turun menjadi 29,4 persen pada Agustus 2023.

2. Mayoritas juga yakin Jokowi lebih dukung Prabowo Subianto

Survei: Pemilih Jokowi Cenderung Dukung Prabowo Daripada GanjarMenteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika memberikan penghormatan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Merauke, Papua (www.instagram.com/@prabowo)

Selain itu, mayoritas responden yakin Jokowi lebih mendukung Prabowo Subianto ketimbang Ganjar Pranowo. Survei menyebut 46,8 persen yakin Jokowi mendukung Prabowo, sedangkan Ganjar hanya 38,3 persen.

Namun, ada 14,9 persen responden yang tidak tahu atau tidak menjawab.

"Sebagian dari mereka meyakini bahwa endorsement Presiden Jokowi akan diberikan kepada Prabowo maupun Ganjar," ujarnya.

3. Survei dilakukan pada Juli-Agustus 2023

Survei: Pemilih Jokowi Cenderung Dukung Prabowo Daripada GanjarIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Diketahui, suvei dilakukan Polstat Indonesia pada 28 Juli sampai 4 Agustus 2023 di 34 provinsi di Indonesia. Terdapat 1.200 WNI berusia lebih dari 17 tahun sebagai responden acak bertingkat.

Margin of error survei ini kurang lebih 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara tatap muka oleh tenaga ahli.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya