Survei SMRC: Ganjar Unggul jika Duel Lawan Prabowo dan Anies

Elektabilitas Ganjar Pranowo salip Prabowo Subianto

Jakarta, IDN Times - Lembaga survei Saiful Mujani Resarch & Consulting (SMRC) memperkirakan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan unggul dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan apabila pemilu presiden digelar saat ini.

"Jika yang maju adalah tiga calon yang paling kompetitif dalam survei. Ganjar, Prabowo, dan Anies. Kalau tiga calon ini yang maju, Ganjar dapat dukungan 32,1 persen, Prabowo 27,5 persen, dan Anies 26 persen. Masih ada 14,4 persen yang belum menentukan pilihan," ujar Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, dalam pemaparannya secara virtual, Minggu (23/10/2022).

1. Jika Ganjar, Prabowo, Anies maju Pilpres, maka kemungkinan dua putaran

Survei SMRC: Ganjar Unggul jika Duel Lawan Prabowo dan AniesIlustrasi capres cawapres (IDN Times/Mardya Shakti)

Ganjar memang unggul dalam survei nasional SMRC per Oktober 2022. Namun, keunggulannya tidak terlalu jauh, sehingga kemungkinan besar terjadi dua putaran pemilihan presiden.

"Kita tidak bisa menyimpulkan mana yang lebih kuat antara Prabowo dan Anies, demikian juga Ganjar, karena masih ada 14,4 (persen) undecided. Artinya kalau tiga nama ini yang maju kemungkinan akan dua putaran karena belum ada yang 50 persen lebih," ujarnya.

Baca Juga: Survei SMRC: Orang Islam Cenderung Pilih Anies Ketimbang Non-Muslim

2. SMRC sebut tiga skenario Pilpres di putaran kedua bisa terjadi

Survei SMRC: Ganjar Unggul jika Duel Lawan Prabowo dan AniesIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Deni mengatakan, tiga skenario putaran kedua masih bisa terjadi meski Ganjar di peringkat pertama, Prabowo kedua, dan Anies ketiga. Ia menilai peluang duel Ganjar-Prabowo, Ganjar Anies, atau Prabowo-Anies masih bisa terjadi.

"Jadi masih terbuka kemungkinan walaupun kecenderungan Ganjar unggul lebih kelihatan," ujarnya.

3. Elektabilitas Ganjar Pranowo salip Prabowo Subianto

Survei SMRC: Ganjar Unggul jika Duel Lawan Prabowo dan AniesGanjar Pranowo dan Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi dan kerap bersaing ketat. (ANTARA/HO-Humas Pemprov JatengANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

SMRC mengungkap, elektabilitas Ganjar dalam setahun terakhir naik, bahkan menyalip Prabowo. Tahun lalu, Prabowo masih menjadi sosok dengan eletabilitas tertinggi, kini telah disalip Ganjar.

Sementara elektabilitas Anies Baswedan yang terus berada di peringkat ketiga, mulai kembali naik sejak Agustus 2022. Kini, elektabilitas mantan rektor itu telah mendekati Prabowo.

Sebagai informasi, sampel survei dipilih secara acak yang melibatkan 1.220 responden.  Responden yang dapat diwawancarai secara valid sebesar 1.027 atau 84 persen.

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercataan 95 persen. Waktu wawancara lapangan adalah 3-9 Oktober 2022.

Baca Juga: PPP Buka Peluang Terima Ganjar Pranowo Jadi Capres 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya