Syahrul Yasin Limpo Sudah Diperiksa KPK Lebih dari 14 Jam

Pemeriksaan Syahrul sempat dihentikan pada pukul 03.30 WIB

Jakarta, IDN Times - Eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo masih menjalani pemeriksaan usai ditangkap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis, 12 Oktober 2023. Total, sudah lebih dari 14 jam dia berada di Gedung Merah Putih KPK.

“Iya, sejauh ini tim penyidik masih melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap tersangka,” ujar Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Jumat (13/10/2023).

Sebelumnya, pemeriksaan terhadap Syahrul sempat dihentikan sementara sekitar pukul 03.30 dini hari. Politikus NasDem itu diberi kesempatan istirahat.

Diketahui, KPK menetapkan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Ia ditetapkan sebagai tersangka bersama dua anak buahnya.

Anak buahnya yang ditetapkan sebagai tersangka adalah Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian, Muhammad Hatta.

Syahrul diduga meminta Hatta dan Kasdi untuk memungut setoran bulanan dari ASN setingkat eselon I di Kementerian Pertanian. Syahrul menentukan sendiri besaran setorannya mulai dari 4 ribu hingga 10 ribu dolar Amerika Serikat.

Untuk memenuhi permintaan Syahrul, pejabat Kementerian Pertanian diduga melakukan penggelembungan anggaran. Uang yang diterima diduga dipakai Syahrul untuk membayar cicilan kartu kredit dan mencicil pembelian mobil Alphard.

Syahrul, Hatta, dan Kasdi diduga telah menikmati Rp13,9miliar. Jumlah ini masih bisa berubah karena KPK masih akan melakukan penelusuran.

Baca Juga: Syahrul Yasin Limpo Dicecar 25 Pertanyaan dalam 8 Jam Pemeriksaan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya