Syahrul Yasin Limpo Tak Penuhi Panggilan Penyidik KPK

Politikus NasDem itu beralasan ibunya sedang sakit

Jakarta, IDN Times - Eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, tak memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia mengaku ingin bertemu ibunya lebih dulu.

“Saya menghormati KPK. Namun izinkan saya terlebih dahulu menemui ibu di kampung," ujar Syahrul dalam keterangan yang diberikan Tim Penasihat Hukum, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga: Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo Diperiksa KPK Hari Ini

1. Ibu Syahrul Yasin Limpo dikabarkan tengah sakit

Syahrul Yasin Limpo Tak Penuhi Panggilan Penyidik KPKEks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) pada Rapat Koordinasi Antisipasi Dampak El Nino di Kantor Gubernur Sumut, Jumat (4/8). (Dok. Kementan)

Kuasa Hukum Syahrul Yasin Limpo,  Ervin Lubis, mengatakan, ibu dari kliennya itu dikabarkan tengah sakit. Politikus Partai NasDem tersebut ingin lebih dulu menemui sang ibu.

"Sebagai seorang anak, hal tersebut diharapkan dapat semakin memberikan keteguhan hati dalam menghadapi situasi saat ini," ujarnya.

Baca Juga: Dewas KPK Kumpulkan Informasi soal Pertemuan Firli dan Syahrul Yasin

2. Syahrul Yasin Limpo minta pemeriksaan dijadwal ulang

Syahrul Yasin Limpo Tak Penuhi Panggilan Penyidik KPKMenteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, saat keluar dari kantornya di Kementerian Pertanian (IDN Times / Trio Hamdani)

Syahrul melalui Tim Penasihat Hukum akan mengirimkan surat kepada KPK tentang permohonan penjadwalan ulang pemeriksaan. Hal itu karena dia tidak dapat memenuhi panggilan KPK saat ini.

“Kami akan berkoordinasi lebih lanjut dengan penyidik terkait dengan waktu penjadwalan ulang. Semoga faktor kemanusiaan ini dapat dipertimbangkan”, ujar Ervin.

Baca Juga: Ketua KPK Akui Bertemu Syahrul Yasin Limpo sebelum Berperkara

3. Rumah Syahrul Yasin Limpo sempat digeledah KPK

Syahrul Yasin Limpo Tak Penuhi Panggilan Penyidik KPKMenteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Diketahui, KPK menjadwalkann pemeriksaan terhadap Syahrul Yasin Limpo hari ini. Ia masih akan diperiksa sebagai saksi terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Syahrul dikabarkan telah menjadi tersangka dalam kasus ini. Namun, hal itu belum diumumkan KPK secara resmi kepada publik.

Rumah Syahrul Yasin Limpo di Jakarta Selatan dan di Makassar pun sempat digeledah KPK.

Baca Juga: Anak Buah Syahrul Yasin Limpo di Kementan Dicecar Penyidik KPK 11 Jam

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya