Terungkap, Nama Asli Jozeph Zhang Ternyata Shindy Paul Soerjomoeljono

Joseph Paul Zhang meninggalkan Indonesia pada 2018

Jakarta, IDN Times - YouTuber Jozeph Paul Zhang mendadak tenar dan dicari-cari masyarakat Indonesia. Sebab, ia diduga telah menistakan agama melalui videonya dengan menyebut dirinya sebagai Nabi ke-26.

Direktorat Jenderal Imigrasi RI mengungkap bahwa Jozeph Paul Zhang sudah meninggalkan Indonesia sejak 2018. Selain itu, terungkap pula nama asli Jozeph menurut dokumen pada saat meninggalkan tanah air.

1. Joseph meninggalkan Indonesia dan pergi ke Hong Kong sejak 2018

Terungkap, Nama Asli Jozeph Zhang Ternyata Shindy Paul SoerjomoeljonoIlustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara, menyampaikan bahwa Jozeph Paul Zhang sudah tak di Indonesia sejak 2018. Menurutnya, menurut catatan, dia pergi dari Indonesia menuju ke Hong Kong.

“Berdasarkan informasi dari database perlintasan Imigrasi, WNI atas nama Shindy Paul Soerjomoeljono, atau yang dikenal masyarakat sebagai Joseph Paul Zhang, terakhir kali meninggalkan Indonesia menuju Hong Kong pada 11 Januari 2018," ungkap Angga dalam keterangan tertulis, Senin (19/4/2021).

Baca Juga: Bareskrim: Jozeph Zhang yang Mengaku Nabi ke-26 Berada di Jerman

2. Imigrasi telah infokan Bareskrim Polri

Terungkap, Nama Asli Jozeph Zhang Ternyata Shindy Paul SoerjomoeljonoKabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto (kanan) menandatangani pakta integritas saat upacara pelantikan dan serah terima jabatan pejabat tinggi Polri di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (24/2/2021) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Angga mengatakan, Imigrasi telah menyampaikan informasi tersebut kepada Bareskrim Mabes Polri. Informasi itu akan dilanjutkan investigasi oleh Polri.

"Imigrasi telah menyampaikan informasi perlintasan yang bersangkutan kepada Bareskrim. Proses investigasi akan dilanjutkan oleh Bareskrim sebagai pihak yang berwenang dalam penanganan perkara ini," jelasnya.

3. Joseph Paul Zhang tantang warganet laporkan dirinya ke Polisi

Terungkap, Nama Asli Jozeph Zhang Ternyata Shindy Paul SoerjomoeljonoYouTuber Jozeph Paul Zhang Viral karen Penistaan Agama (YouTube Jozeph Paul Zhang)

Sebelumnya, video YouTuber Joseph Paul Zhang berjudul Puasa Lalim Islam viral di media sosial. Pada video itu ia menyebut diri sebagai Nabi ke-26 dan menantang warganet melapor ke polisi.

"Yang bisa laporin gue ke polisi, gue kasih uang. Yang bisa laporin gue ke polisi penistaan agama nih gue nih nabi ke-26 Jozeph Paul Zhang meluruskan kesesatan ajaran," ujarnya dalam acara tersebut yang dikutip pada, Minggu (18/4/2021).

Baca Juga: Bareskrim Polri Gandeng Interpol Buru Jozeph Paul Zhang di Luar Negeri

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya