[UPDATE] Kesehatan 2 Pasien Positif Virus Corona Mulai Membaik

Sembilan pasien diisolasi di RSPI Sulianti Saroso

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Mohammad Syahril mengatakan, kondisi dua pasien positif virus corona yang dirawat di ruang isolasi dalam kondisi baik.

Keduanya sudah memasuki hari kelima dirawat di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso, sejak dinyatakan positif terjangkit Covid-19 itu pada Senin (2/3).

"Jadi demam tidak ada, nyeri tenggorokan tidak ada, sesak juga tidak ada, masih batuk-batuk kecil lah. Mungkin dengan pilek. Begitu pula dengan yang kedua," ucap Syahril di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

1. Pemeriksaan laboratorium dilakukan Kementerian Kesehatan

[UPDATE] Kesehatan 2 Pasien Positif Virus Corona Mulai MembaikPos pemantauan virus corona RSPI Sulianti Saroso (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Karena sudah lima hari dirawat di ruang isolasi, kini keduanya akan menjalankan pemeriksaan laboratorium, untuk mengetahui apakah mereka masih positif terjangkit virus corona atau tidak.

Syahril menyebutkan pemeriksaan laboratorium terhadap kedua pasien tersebut dilakukan Kementerian Kesehatan. Ia berharap hasil uji lab keduanya negatif dari Covid-19.

"Kami menunggu pemeriksaan hari kelima ya besok, mudah-mudahan nanti hasilnya negatif," ujar dia.

Baca Juga: Pemerintah Bentuk Protokol untuk Penanganan Virus Corona, Apa Saja?

2. Pemeriksaan kesehatan dilakukan dua tahap

[UPDATE] Kesehatan 2 Pasien Positif Virus Corona Mulai MembaikPos Pemantauan RSPI Sulianti Saroso (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Syahril menjelaskan pemeriksaan laboratorium terhadap dua pasien positif virus corona akan dilakukan dua tahap. Tahap pertama dan kedua masing-masing membutuhkan waktu lima hari.

Sehingga meski pada lima hari pertama sudah tidak menunjukkan tanda positif virus corona, kata dia, pasien tidak langsung dipulangkan, melainkan diperiksa kembali selama lima hari berikutnya.

"Kami periksa lagi, negatif dua kali, dan keadaannya baik ya, kami pulangkan. Artinya dinyatakan sembuh," kata Syahril.

3. Sembilan orang dirawat di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso

[UPDATE] Kesehatan 2 Pasien Positif Virus Corona Mulai MembaikRSPI Sulianti Saroso (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Selain dua pasien positif terjangkit virus corona, kata Syahril, terdapat tujuh pasien dalam pengawasan (PDP) yang juga dirawat di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso. Enam dari tujuh pasien itu berada dalam kondisi baik.

Sementara, seorang di antaranya dalam kondisi kurang baik dirujuk dari salah satu rumah sakit swasta. Di sana pasien tersebut telah dirawat selama seminggu menggunakan ventilator.

"Jadi dikirim ke sini pakai ventilator, jadi umurnya 65 tahun, dan ini ada memang kurang baik keadaannya," kata Syahril.

https://www.youtube.com/embed/2BlyV2Dv894

Baca Juga: 10 Pasien Suspect Virus Corona dalam Pengawasan RSUP Persahabatan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya