Usut Kasus Tewasnya 6 Anggota FPI, Komnas HAM Beri Atensi Khusus

"Komnas HAM memberi atensi khususnya kepada keluarga."

Jakarta, IDN Times - Ketua Tim Penyelidikan Komnas HAM, Choirul Anam, mengatakan kasus bentrokan antara Laskar Front Pembela Islam (FPI) dengan polisi pada 7 Desember 2020 menjadi perhatian serius pihaknya. Bentrokan itu menyebabkan enam Laskar FPI tewas.

"Komnas HAM memberi atensi khususnya kepada keluarga soal proses hukum dan sebagainya yang nanti kita bahas secara teknis oleh Tim Hukum FPI dalam konteks fair trial dan unfair trial dalam konteks HAM," katanya di Gedung Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/12/2020).

1. Penggunaan kewenangan tidak boleh berlebihan

Usut Kasus Tewasnya 6 Anggota FPI, Komnas HAM Beri Atensi KhususKetua Tim Penyelidikan Komnas HAM Choirul Anam (IDN Times/Aryodamar)

Choriul Anam memastikan penggunaan kewenangan tidak boleh berlebihan. Selain itu, proses hukum juga harus dilaksanakan sesuai prinsip Hak Asasi Manusia (HAM).

"Dalam konteks hak asasi manusia penting bagi kita semua memastikan bahwa penggunaan kewenangan tidak boleh berlebihan, proses hukum juga tidak boleh dimaknai sebagai suatu proses yang bisa diterjemahkan oleh satu pihak," jelasnya.

Baca Juga: Dalami Kasus Bentrok Polisi vs FPI, Komnas HAM Datangi Polda Metro

2. Komnas HAM pastikan bekerja independen

Usut Kasus Tewasnya 6 Anggota FPI, Komnas HAM Beri Atensi KhususKomisioner Komnas HAM Beka Ulung (IDN Times/Aryodamar)

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung, memastikan pihaknya berkomitmen meneruskan penyelidikan secara objektif dan independen. Ia berharap, bagi siapa pun yang punya data, informasi terkait, atau merupakan saksi langsung kejadian, segera melapor ke Komnas HAM.

"Kami akan berusaha menampung informasi tersebut sehingga menjadi keterangan yang berharga untuk menuntaskan kasus ini," jelasnya.

3. Keluarga korban datangi Komnas HAM

Usut Kasus Tewasnya 6 Anggota FPI, Komnas HAM Beri Atensi KhususPolitikus PKS Mardani Ali Sera, Ketua PA 212 Slamet Ma'arif, dan Tim Bantuan Hukum FPI mendampingi keluarga 6 Laskar FPI ke Komnas HAM (IDN Times/Aryodamar)

Keluarga enam Laskar FPI yang tewas dalam bentrok dengan polisi mendatangi Komnas HAM pada Senin (21/12/2020). Mereka menyampaikan segala data dan informasi terkait bentrokan dengan polisi.

Kedatangan keluarga Laskar FPI didampingi oleh Tim Hukum, PA 212, hingga anggota DPR dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera.

Baca Juga: Mardani PKS dan PA 212 Dampingi Keluarga 6 Laskar FPI ke Komnas HAM

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya