FPI Jelaskan Alasan Perjuangkan Khilafah Islamiyah

Khilafah islamiyah adalah salah satu yang diperjuangkan FPI

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP FPI, Ahmad Sobri Lubis menegaskan bahwa pihaknya memperjuangkan khilafah islamiyah. Menurut dia, ideologi tersebut fokus untuk membangun persatuan dunia islam.

"FPI dalam konsep khilafah diterangkan dalam ART FPI bahwasannya khilafah islamiyah ini yang di perjuangkan oleh FPI, penegakkannya adalah membangun kerja sama untuk persatuan dunia islam," ujarnya dalam acara ILC yang disiarkan tvOne, Selasa malam 3 November 2019.

1. Membangun parlemen bersama dunia Islam adalah salah satu memperjuangkan khilafah islamiyah

FPI Jelaskan Alasan Perjuangkan Khilafah IslamiyahIDN Times/Axel Jo Harianja

Sobri menjelaskan, salah satu hal memperjuangkan khilafah islamiyah adalah dengan membangun parlemen bersama dunia Islam, memperjuangkan mata uang dunia Islam, menghilangkan batas wilayah seperti visa antar negara Islam.

"Lalu memperjuangkan adanya kesatuan militer bersama negeri Islam, kemudian mengadakan satelit dunia Islam, parlemen dunia Islam. Itu yang kita perjuangkan dalam menegakkan khilafah islamiyah," jelas dia.

Menurut Sobri, ideologi tersebut tidak keluar dari konsep Indonesia dan Pancasila. "Itu tidak keluar konsep NKRI dan Pancasila sebagai konsep dasar negara kita," katanya.

 

Baca Juga: Ditanya Soal Izin FPI, Jubir Jokowi Malah Sanjung Menko Polhukam

2. FPI mau membangun kejayaan Islam

FPI Jelaskan Alasan Perjuangkan Khilafah IslamiyahIlustrasi FPI (IDN Times/Fitria Madia)

Sobri menegaskan bahwa FPI memperjuangkan Islam tidak hanya di dalam negeri tetapi juga luar negeri. Pihaknya ingin membangun kembalinya kejayaan Islam di masa depan.

"Jadi FPI khilafah pandangan FPI adalah kami memperjuangkan, gak cuma memikirkan dalam negeri tapi ikut serta membangun kembalinya kejayaan Islam dalam penyatuan dan persatuan kekuatan Islam ke depan," tuturnya.

3. Penjelasan Khilafah Islamiyyah dalam Anggaran Rumah Tangga FPI

FPI Jelaskan Alasan Perjuangkan Khilafah IslamiyahIDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Sementara, dalam ART dijelaskan lagi visi misi FPI. Ada dua poin penjelasan FPI soal ini. Pertama, arti penerapan syariat secara kaffah adalah penerapan syariat Islam di seluruh bidang kehidupan yaitu akidah (keyakinan), ibadah, munakahat (pernikahan), muamalat (kemasyarakatan), dan jinayat (tindakan kriminal).

Atau bisa juga, arti penerapan syariat Islam secara kaffah adalah kewajiban menjalankan syariat Islam secara individu, dalam kehidupan masyarakat dan negara.

Kedua, arti Khilafah Islamiyyah adalah diterapkannya kesatuan sistem ekonomi, politik, pertahanan, sosial, pendidikan, dan hukum di dunia Islam. Visi dan misi organisasi FPI adalah penerapan syariat Islam secara kaffah di bawah naungan Khilaafah
Islamiyyah menurut Manhaj Nubuwwah, melalui pelaksanaan dakwah, penegakan hisbah dan pengamalan jihad.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: FPI Jawab Alasan Tidak Cantumkan Pancasila di AD/ART

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya