Comscore Tracker

Jadi Menteri Pertahanan, Prabowo Bakal Kelola Anggaran Besar

Anggaran belanja Kementerian Pertananan paling besar

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hari ini dipanggil ke Istana Kepresidenan untuk bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Usai bertemu, Prabowo menegaskan siap membantu Jokowi di periode keduanya. Prabowo juga menyampaikan bahwa dirinya bakal menduduki posisi menteri di bidang pertahanan.

"Saya diminta beliau (Jokowi) di bidang pertahanan. Tadi Beliau memberi beberapa pengarahan. Saya akan bekerja serius untuk mencapai sasaran-sasaran yang dibutuhkan," kata Prabowo di Istana Kepresidenan, Senin (21/10).

Jika benar bakal dilantik Jokowi sebagai Menteri Pertahanan, maka Prabowo punya tanggung jawab mengelola anggaran terbesar untuk Kementerian/Lembaga (K/L).

Berdasarkan catatan Kementerian Keuangan, pagu belanja pemerintah pada tahun 2020 sebesar Rp1.670 triliun. Rinciannya, Rp785,4 triliun belanja non kementerian/lembaga dan Rp884,6 triliun untuk belanja kementerian/lembaga.

Dari total anggaran belanja pemerintah, Kementerian Pertahanan menjadi kementerian yang mendapat anggaran belanja paling besar, yaitu sebesar Rp127,4 triliun pada 2020. Angka tersebut meningkat signifikan dibandingkan dengan outlook 2019 yang sebesar Rp109,6 triliun dan realisasi 2018 yang sebesar Rp106,7 triliun.

Salah satu faktor yang menyebabkan kenaikan signifikan anggaran tersebut adalah penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 240 daerah tahun depan.

Baca Juga: [BREAKING] Prabowo Bersedia Jadi Menteri Jokowi di Bidang Pertahanan

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You