Menko Luhut Melawat Almarhum Sutopo di Guangzhou

Luhut tengah melakukan kunjungan kerja di Guangzhou

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan tengah melakukan kunjungan kerja di Guangzhou, Tiongkok. Dalam kesempatan itu, Luhut menyempatkan diri untuk melawat almarhum Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di St. Stamford Modern Cancer Hospital pada Minggu (7/7).

Lawatan itu dilakukan mantan Kepala Staf Presiden (KSP) tersebut usai mendapat kabar duka berpulangnya Sutopo Purwo Nugroho.

Almarhum Sutopo diketahui mengembuskan napas terakhirnya sekitar pukul 02.20 dini hari waktu Guangzhou. 

Dalam kesempatan itu, Luhut bertemu dengan Retno Utami Yulianingsih, istri Almarhum dan Nurzuama, kakak ipar Almarhum. 

Dia bercerita dirinya sering berinteraksi dengan almarhum Sutopo. Luhut mengapresiasi kebaikan dan semangat Sutopo semasa hidupnya.

"Saya sering berinteraksi dengan Pak Sutopo saat saya urus kebakaran hutan tahun 2015, beliau orang baik," kata Menko Luhut pada Retno Utami Yulianingsih dalam keterangan tertulisnya.

Luhut juga meminta pada Konsul Jenderal RI di Ghuangzou, Gustanto untuk mengurus segala keperluan pemulangan jenazah ke Tanah Air. 

Berdasarkan informasi, jenazah Sutopo akan sampai di Jakarta pada pukul 20.00 WIB dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Setelah itu, rencananya jenazah akan langsung dibawa ke rumah duka di Cibubur untuk disemayamkan sebelum dibawa ke Boyolali untuk dimakamkan.

Sutopo diketahui telah berada di Guangzhou sejak 14 Juni 2019 untuk mendapat perawatan terkait penyakit kanker paru-paru yang dideritanya. Sutopo sendiri pertama kali didiagnosis mengidap kanker paru Stadium IV B pada akhir 2017. 

Meski pesakitan, Sutopo tetap semangat untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Dia merupakan sosok menginspirasi yang murah senyum serta tak pernah lelah bekerja untuk masyarakat Indonesia dan keluarganya.  

Baca Juga: Menlu Retno: Jenazah Pak Sutopo Sudah Persiapan Akhir Menuju Tanah Air

https://www.youtube.com/embed/37bkZs3-M6E

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya