Comscore Tracker

Prabowo Sambangi Mahfud MD, Siap Negosiasi Ulang Harga Alutsista

Pertemuan keduanya berlangsung singkat

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyambangi kantor Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD. Pertemuan dilakukan usai salat Jumat.

Pantauan IDN Times, pertemuan ini berlangsung singkat, hanya sekitar 15 menit. Usai pertemuan, Prabowo mengatakan, pertemuan tersebut membahas berbagai hal, khususnya di bidang pertahanan.

"Terima kasih saya baru saja menghadap Menko Polhukam Pak Mahfud, tentunya saya meminta petunjuk-petunjuk ada beberapa masalah saya telah laporkan," ujar Prabowo di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (13/12).

Baca Juga: Prabowo dan Australia Adakan Pertemuan di Bali, Bahas Apa Ya?

1. Prabowo juga bahas masalah alutsista dengan Mahfud MD

Prabowo Sambangi Mahfud MD, Siap Negosiasi Ulang Harga AlutsistaMenteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 3 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Prabowo menambahkan, dia juga membahas masalah alutsista yang masih terlalu mahal. Saat ini, alutsista yang bakal dibeli Indonesia akan dikaji kembali untuk dinegosiasi. 

"Kita diperintah nego kembali oleh Presiden dan kita akan laksanakan. Kita harus pandai-pandai untuk jaga kepentingan nasional, kan begitu," tuturnya. 

2. Prabowo bakal kaji kontrak-kontrak lama pembelian alutsista

Prabowo Sambangi Mahfud MD, Siap Negosiasi Ulang Harga AlutsistaIDN Times/Mela Hapsari

Lebih lanjut, Prabowo menyampaikan bahwa dia juga membahas soal masalah kontrak-kontrak lama terkait pembelian alutsista. Dia ingin memastikan bahwa kontrak tersebut tidak berorientasi proyek dan sesuai dengan kebutuhan.

"Ada masalah dengan beberapa kontrak lama di luar negeri, dan ini kita perintah Pak Presiden yah," tegasnya.

3. Minggu depan gantian Prabowo menjamu Mahfud MD di kantornya

Prabowo Sambangi Mahfud MD, Siap Negosiasi Ulang Harga AlutsistaMenteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat 22 November (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Rencananya, Prabowo akan gantian mengundang Mahfud MD ke kantornya. Nantinya, Prabowo bakal membeberkan kondisi terkini serta beberapa permasalahan terkait sektor pertahanan Indonesia di depan Mahfud. 

"Minggu depan saya akan mengundang beliau di kesempatan pertama untuk ke Kemenhan dan kita akan paparkan lebih rinci kondisi yang ada, tapi secara sepintas sudah lapor beliau masalah-masalah pokok yang dihadapi, yang penting-penting saja kan," jelas mantan Danjen Kopassus itu. 

Baca Juga: Kisah Megawati Selamatkan Prabowo yang Tak Punya Kewarganegaraan

Topic:

  • Sunariyah
  • Umi Kalsum

Just For You