40 Ruas Jalan di Jakarta Terendam Banjir, Lalin Ada yang Lumpuh Total

Salah satu jalan yang terendam banjir Jalan DI Panjaitan

Jakarta, IDN Times – Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebutkan, 40 ruas jalan di wilayah DKI Jakarta terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur sejak Jumat hingga Sabtu (20/2/2021) dini hari. Banjir ini mengakibatkan lalu lintas terganggu.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo mengatakan, salah satu ruas jalan yang terendam banjir yakni Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, dari arah Cawang menuju Kalimalang, Bekasi.

"Genangan air yang cukup mengganggu pengendara berada di kawasan Cawang arah Bekasi," kata Sambodo saat meninjau sejumlah genangan air yang menghambat lalu lintas di kawasan Jakarta Timur, seperti yang dikutip dari ANTARA, Sabtu.

Baca Juga: Jalan DI Panjaitan Banjir, Petugas Terapkan Contraflow Arah Cililitan

1. Ketinggian air mencapai 50 sentimeter hingga jalan ditutup sementara

40 Ruas Jalan di Jakarta Terendam Banjir, Lalin Ada yang Lumpuh Totalgenangan di daerah kolong tol Cawang arah Tanjung Priok (Twitter.com/TMCPoldaMetro)

Jalan DI Panjaitan, Cawang tepatnya sekitar kolong Tol Cawang terendam banjir setinggi 50 sentimeter, yang disebabkan curah hujan tinggi dan meluapnya Kali Sunter yang berada dipinggir jalan.

Arus lalu lintas akhirnya dialihkan menuju jalan alternatif, dengan mengarahkan pengendara untuk memutar balik kendaraannya.

"Untuk jalan yang sudah tidak bisa dilintasi kita tutup serta kita carikan rute alternatif yang lain dibantu Polri, TNI, dan Dishub," ujar Sambodo.

2. Beberapa lokasi lalu lintasnya lumpuh total

40 Ruas Jalan di Jakarta Terendam Banjir, Lalin Ada yang Lumpuh TotalBanjir di Tol (Dok. Istimewa)

Sambodo menjelaskan, ada beberapa titik lokasi yang ruas jalannya lumpuh total hingga tidak bisa dilewati oleh kendaraan, yaitu sekitar kawasan Jalan Kapten Tendean yang memutus lalu lintas menuju ke arah Kuningan dan Blok M serta sebaliknya.

Banjir juga terlihat menggenangi kawasan Hek dekat Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Sepeda motor yang tampak melewati kawasan Hek TMII dialihkan masuk ke dalam tol, lalu keluar di jalan arteri.

3. Akses jalan menuju daerah Kemang, Jakarta Selatan, juga terendam banjir

40 Ruas Jalan di Jakarta Terendam Banjir, Lalin Ada yang Lumpuh TotalBanjir di Simatupang, Jakarta Selatan (IDN Times/Sandy Firdaus)

Beberapa akses jalan menuju daerah Kemang, Jakarta Selatan, juga terendam banjir. Salah satunya di kawasan Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan IDN Times, Sabtu siang, banjir menggenangi wilayah Jalan Kemang Raya sekitar pukul 13.32 WIB. Lokasi banjir tepat berada di depan Grand Kemang, arah menuju Jalan Pangeran Antasari.

Menurut penuturan salah seorang warga sekitar, Jujun, banjir di daerah ini diperkirakan mencapai ketinggian 150 cm. Hal tersebut diakibatkan meluapnya sungai yang berada di area turunan jalan.

"Wah banjirnya sudah dari semalam mas, ini saja sampai sekarang belum surut lagi," ujar Jujun.

Baca Juga: Titik-titik Genangan Air di DKI Sabtu Pagi, Ada Jalan Tak Bisa Dilalui

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya