Wagub DKI: Lubang Kubur Diperkecil karena Lahan Pemakaman Minim 

DKI Jakarta terus membuka lahan untuk makam jenazah COVID-19

Jakarta, IDN Times – Taman Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus memperkecil ukuran liang makam. Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, hal tersebut dilakukan untuk penyesuaian kebutuhan pemakanan jenazah COVID-19 yang terus meningkat dan semakin minimnya lahan pemakaman di wilayah DKI Jakarta.

"Ya kan makam Bampu Apus itu disesuaikan dengan kebutuhannya," tutur Riza di Jakarta, seperti yang dikutip dari ANTARA, Sabtu (30/1/2021).

TPU Bambu Apus Jakarta Timur memutuskan untuk memangkas lahan petak kuburan COVID-19 guna penyesuaian kebutuhan, dari yang sebelumnya berukuran 2,5 x 1,5 meter persegi, kini diperkecil menjadi 1,2 x 2,2 meter persegi per lubang makam.

1. Pemprov DKI mengusahakan penambahan pemakaman untuk jenazah pasien COVID-19

Wagub DKI: Lubang Kubur Diperkecil karena Lahan Pemakaman Minim Proses pamakaman di TPU Pondok Ranggon (IDN Times/Fiqih Damar dan Aldila Muharma)

Riza mengatakan Pemprov DKI akan terus menambahkan lahan pemakaman bagi jenazah COVID-19 agar bisa dimakamkan dengan layak. Salah satu langkah memaksimalkan hal tersebut Riza menetapkan kebijakan untuk memperkecil ukuran lubang pemakaman karena kapasitas lahan semakin menipis.

"Kita banyak tempat seperti Rorotan, Jakarta Utara sudah siap 1.500 petak," ujar dia.

Selain itu, politikus dari Partai Gerindra ini juga akan melakukan upaya dalam penambahan jumlah lahan pemakaman setiap bulannya, meskipun hal tersebut belum dijelaskan secara gamblang mengenai total lahan yang disediakan.

Baca Juga: Wagub DKI Pastikan 17 Ribu Petak Makam COVID-19 Anyar Dibuka Bertahap

2. Terus tambah fasilitas untuk penanganan COVID-19

Wagub DKI: Lubang Kubur Diperkecil karena Lahan Pemakaman Minim Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dipanggil pihak kepolisian terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 pada acara Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat pada Senin (23/11/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Tidak hanya penambahan lahan pemakaman, tetapi Pemprov DKI juga gencar menambah fasilitas untuk penanganan virus mematikan ini.

"Prinsipnya DKI Jakarta siap dengan berbagai kemungkinan termasuk menyiapkan berbagai fasilitas," ucap Riza.

3. TPU Bambu Apus menjadi lokasi baru pemakaman jenazah COVID-19

Wagub DKI: Lubang Kubur Diperkecil karena Lahan Pemakaman Minim Foto aerial makam jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon pada Rabu (16/9/2020) (IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati)

Diberitakan sebelumnya, TPU Bambu Apus dijadikan lokasi baru untuk penanganan jenazah COVID-19 yang telah dibuka sejak Kamis (17/1/2021). Dalam sepekan terakhir ini TPU Bambu Apus telah menampung sebanyak 306 jenazah pasien COVID-19.

TPU Bambu Apus memiliki luas lahan sebesar 3.000 meter persegi dengan empat petak lahan yang terdiri dari tiga petak untuk pemakaman khusus COVID-19 dan satu petak untuk pemakaman umum.

Baca Juga: Makam Pasien COVID-19 TPU Srengseng Sawah Tersisa 255 Liang Lahat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya