5 Fakta Politikus Muda PAN Faldo Maldini 

Faldo memiliki segudang prestasi #MillennialsMemilih

Jakarta, IDN Times - IDN Times akan segera meluncurkan microsite #MillenialsMemilih, pada Rabu (31/10) mendatang. Sebuah situs pemilu yang mewadahi kaum millennials. 

Untuk meramaikan peluncuran tersebut, IDN Times akan mengundang empat politikus muda yang akan mewakili kubu Joko 'Jokowi' Widodo- Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Salah satunya politikus muda dari Partai Amanat Nasional (PAN) Faldo Maldini.  

Faldo kini menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN. Siapa sosok Faldo? Berikut lima fakta tentang Faldo.

Baca Juga: Pendukung Prabowo-Sandiaga Menurun dari Kalangan Menengah ke Atas?

1. Faldo pernah menjadi Ketua BEM UI dan memiliki segudang prestasi

5 Fakta Politikus Muda PAN Faldo Maldini Instagram/@faldomaldini

Faldo merupakan mantan aktivis mahasiswa yang pernah menjadi Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI). Selain aktif berorganisasi, ia juga sering melakukan riset yang dipublikasikan di dalam dan luar negeri mewakili UI dan Indonesia. 

Sebut saja pada tingkat nasional, riset Faldo dan timnya beberapa kali mendapatkan gelar juara dalam berbagai perlombaan mewakili Universitas Indonesia pada 2010. Untuk individu, dia berhasil meraih juara ketiga pada kompetisi mahasiswa berprestasi pada 2011.

2. Ketua Himpunan Pelajar di Inggris

5 Fakta Politikus Muda PAN Faldo Maldini Instagram/@faldomaldini

Faldo juga pernah didaulat sebagai Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia United Kingdom (PPI UK) ketika ia melanjutkan pendidikan pasca-sarjana di Imperial College London. 

Beasiswa itu diberikan bakat kepemimpinan yang dimiliki Faldo mendapat apresiasi dari PPSDMS NF dan Goodwill International Scholarship. 

Sebagai Ketua PPI UK, Faldo memimpin 32 cabang yang dimiliki organisasi itu, yang tersebar di berbagai wilayah di Inggris dengan jumlah mahasiswa Indonesia sekitar 1.600 orang.

3. Program olah limbah melalui pulangkampuang.com

5 Fakta Politikus Muda PAN Faldo Maldini Instagram/@faldomaldini

Prestasi lainnya dari Faldo adalah ketika ia bersama rekannya Selvin Andika ZM menggagas pulangkampuang.com. Sebuah portal yang bertujuan menyatukan orang Minang yang ada di rantau dan di Sumatera Barat. 

Portal ini sebagai wadah gerakan untuk berkontribusi bagi urang 'awak' yang masih berjuang di daerah rantau maupun di tanah Minang. Melalui program ini juga ia membuat program penggunaan mesin pengelolaan limbah yang membeli sampah dari masyarakat untuk didaur ulang.  

Melalui pulangkampuang.com, komunitas orang Minang binaannya kini telah mencapai 30 ribu anggota.

4. Buku yang bercerita tentang kisah kuliahnya

5 Fakta Politikus Muda PAN Faldo Maldini Instagram/@faldomaldini

Ayah berusia 28 tahun ini juga pernah menulis buku berjudul  
Karena Selama Hidup Kita Belajar yang terbit pada 2015. Buku ini menceritakan kehidupan Faldo selama perjalanan dan berjuang di kampus UI. 

5. Jadi Wasekjen PAN

5 Fakta Politikus Muda PAN Faldo Maldini Instagram/@faldomaldini

Faldo yang kini menjabat sebagai Wasekjen PAN, pernah digadang-gadang maju sebagai calon Wali Kota pada Pilkada Kota Padang 2018, meski akhirnya batal.  

Oh ya, Faldo masuk ke dunia politik bukan karena orangtuanya yang politikus, loh. Ayahnya hanya seorang pedagang, sedangkan ibunya bekerja di swasta.

Keren ya, muda dan berbakat. #MillennialsMemilih

Baca Juga: Tulis Pesan Sumpah Pemuda di Secarik Kertas, Prabowo Dipuji Warganet

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya